DAIRI| ARUSMALAKA.COM

Melanjutkan rangkaian pelepasan siswa TK, Bunda PAUD Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata- Ny.Eddy Berutu kembali menghadiri pelepasan siswa TK. Kali ini, Jumat (16/6/2023), di TK Santa Maria, Yayasan Perguruan Seri Amal, Sidikalang.

Momen pelepasan siswa TK ini dimanfaatkan Bunda PAUD untuk sosialisasi transisi PAUD menuju Sekolah Dasar (SD) agar menyenangkan.

Menurut Romy hal ini penting, kenapa, menurutnya selama ini terjadi kesalahan pemahaman bahwa saat anak memasuki jenjang pendidikan SD diharuskan sudah bisa membaca, menulis dan berhitung (calistung).

“Ini pemahaman yang keliru. Konsep PAUD dan TK hingga memasuki jenjang SD adalah konsep anak untuk bermain sambil belajar, sehingga anak tidak terbebani, kehilangan masa anak-anak, yang bisa berakibat stres,” katanya.

Lebih jauh Romy Mariani menjelaskan, pemahaman literasi dan numerasi bagi anak, tentu membutuhkan waktu dan proses, tidak bisa diperoleh secara instan.

“Literasi dan numerasi tidak diperoleh secara instan, butuh masa orientasi mengenal lingkungan sekolah dan ini mutlak diperlukan. Demikian sebaliknya, guru juga mengenal dulu karater anak didiknya, pahami bidang kemampuannya yang paling unggul.

Ini adalah bentuk penghargaan kita pada talenta yang diberikan Tuhan pada anak kita. Selanjutnya, ajarkan anak didik pondasi nilai agama dan budi pekerti, tata bahasa dan bersosialisasi yang baik,” katanya mengakhiri.

Pelepasan 159 siswa TK Santa Maria ini dihadiri oleh Camat Sidikalang Swanto Sitakar, Bunda PAUD Kelurahan Sidikalang Donda Fahreza Anjas Ujung br Simatupang, Kepala Sekolah TK Santa Maria Sr.Thimotea Rumapea, KSSY, para guru dan tutor, serta orangtua siswa.

(AM-01)