TEBING TINGGI | ARUSMALAKA.COM

Bawaslu Kota Tebingtinggi lounching peta kerawanan pemilihan serentak tahun 2024, Selasa (08/10/2024) di Anjungan Sri Mersing Kota Tebingtinggi.

Lounching (peluncuran) tersebut ditandai pemukulan gendang oleh Forkopimda dan tokoh masyarakat serta Ketua Bawaslu Kota Tebingtinggi yang diwakili Ketua HP2H Choky Elfian Nasution.

Hadir dalam lounching peta kerawan,pj walikota Tebing Tinggi yang diwakilkan asiten 2 Bambang Sudariyono,Kapolres Tebing Tingg yang diwakilkan,Dandaim 0204 yang diwakilkan Damramil 13 Tebing Tinggi kapten infantri Yuda,ketua MUI ustadz Akhyar Nasution, kementerian agama yang diwakilkan KTU Kharudin Noor Hasibuan,kepala pengadilan,kepala kejaksaan,kalapas dan seluruh panwascam sekota Tebing Tinggi,serta seluruh PKD sekota Tebing Tinggi.

Mewakili tokoh masyarakat, Ketua MUI Kota Tebingtinggi ustadz Akhyar Nasution mengajak semua masyarakat kota Tebing Tinggi untuk ikut mensukseskan Pilkada Kota Tebing Tinggi . Melalui kegiatan lounching peta kerawanan Pilkada Kota Tebingtinggi.

“Kami ada di belakang Bawaslu mengawasi Pilkada ini dan semua masyarakat yang memiliki hak pilih harus ikut menyalurkan hak suaranya. Jika kita tidak mencoblos, itu dosa,” ujarnya.

Mewakili Pj. Wali Kota Tebingtinggi Asisten 1 Bambang dalam sambutannya menyampaikan bahwa netralitas ASN dalam Pilkada merupakan harga mati. Pemko Tebingtinggi komit untuk mensukseskan Pemilihan serentak 2024.

Unsur Forkopimda Kota Tebingtinggi memastikan setiap pemilih dapat menyalurkan suaranya. “Kita semua berharap dapat merumuskan pengawasan yang efektip untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang berujung ke MM,” ujarnya.

Ketua Divisi HP2H Bawaslu Kota Tebingtinggi Choky Alfian Nasution dalam paparannya menyampaikan pemetaan dilakukan melalui pengumpulan data dari berbagai indikator kerawanan diantaranya pelanggaran kode etik, intimidasi, konflik serta netralitas aparatur pemerintah.

“Pemetaan kerawanan ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi untuk pengawasan yang lebih ketat dalam pemilihan serentak 2024 di Kota Tebingtinggi dengan fokus pada pencegahan praktik politik uang, pengawasan netralitas aparatur negara dan peningkatan pemahaman penyelenggara terhadap prosedur pemilihan,” harap Choky Alfian.

(Sgt)