MEDAN | ARUSMALAKA.COM

Dalam rangka optimalisasi Penguatan Program Peningkatan Literasi dan Numerasi di Sumatera Utara, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (BPMP) Prov Sumut gelar Rapat Koordinasi (Rakor). Kegiatan Rakor ini melibatkan Balai Besar Guru Penggerak (BBGP), Balai Bahasa Medan, dan beberapa Dinas Pendidikan, diantaranya Dinas Pendidikan Kota Medan, Binjai, dan Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan Rakor dilaksanakan pada Senin (08/07/2024) bertempat di Aula Pancasila Kantor BPMP Sumut. Hadir sebagai narasumber Dr Arofah Megasari Siregar, M.Pd. dan Ezra Jhemiyanta Surbakti, M.Pd dari BPMP Sumut yang menjadi penangungjawab PDM-10 Program Pemulihan Pembelajaran.

Dalam paparannya, Ezra Jemianta, M.Pd menyampaikan bahwa dalam penguatan program literasi dan numerasi penting dilakukan sebuah perencanaan, pelaksnaan, refleksi dan evaluasi yang matang.

“Penguatan Literasi dan Numerasi diawali dengan Perencanaan dan Pelaksanaan Lingkungan Kaya Teks, Strategi Penumbuhan Minat Baca, dan Strategi Minat Baca dan Asesmen di Satuan Pendidikan. Kemudian dilakukan Refleksi dan Evaluasi Pelaksanaannya”, terang Ezra, M.Pd.

Pada kesempatan yang sama, Perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT). BBGP dan Balai Bahasa Medan serta Dinas Pendidikan Kota Medan, Binjai, dan Kabupaten Deli Serdang menyambut baik langkah strategis yang dilakukan BPMP Prov Sumut dalam menuntaskan Penguatan Program Peningkatan Literasi dan Numerasi di kabupaten/kota/provinsi yang melibatkan jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA.

“Apresiasi dan sambutan kami kepada BPMP Prov Sumut yang melibatkan BBGP, Balai Bahasa Medan, dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi dalam Penguatan Program Peningkatan Literasi dan Numerasi, semoga kerjasama seperti ini terus bisa berlanjut,” ungkap M. Taufik Hutagalung, S.Pd. dari BBGP Medan.

Kegiatan selama satu hari ini, menhadirkan sebanyak 38 peserta dari berbagai unsur, diantaranya dari BBGP, Balai Bahasa Medan, Dinas Pendidikan Kota Medan, Binjai, Deli Serdang, dan BPMP Prov Sumut.

Dalam sambutannya pada saat membuka Rakor, Kepala BPMP Prov Sumut Tajuddin Idris, S.Si, M.T. menyampaikan selamat datang kepada semua peserta rakor dan berpesan agar rakor ini bisa berjalan dengan lancar dan berdayaguna untuk menuntaskan persoalan Literasi dan Numerasi di Provinsi Sumatera Utara.

“Kami sangat yakin Penguatan Program Peningkatan Literasi dan Numerasi di kabupaten/kota/provinsi bisa terlaksana dengan baik dan lancar dengan menghasilkan upaya nyata. Untuk itu diperlukan Strategi jitu dan mumpuni dilanjutkan dengan Rencana Tindak Lanjut (RTL)”, terang Tajuddin.

(AM-01)