PADANGSIDIMPUAN | ARUSMALAKA.COM

Pj. Wali Kota Padangsidimpuan, Bapak H. Timur Tumanggor, S.Sos, M.AP hadiri Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen (Genta Paten) cabai merah serentak di pekarangan kantor Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Padangsidimpuan, Kamis (4/7/2024).

Gerakan tersebut bertujuan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam pengendalian inflasi termasuk dengan menjaga ketersediaan pasokan pangan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat dan mendukung kelancaran serta stabilitas perekonomian di daerah kota Padangsidimpuan.

Dalam sambutannya, Kepala BPKPD Kota Padangsidimpuan, Ady Supriadi mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Pj. Wali Kota H. Timur Tumanggor atas berkenannya hadir pada kegiatan tersebut.

Ia menyampaikan dengan Genta Paten ini akan mengalakkan penanaman cabai merah dan tanaman holtikultura lainnya di pekarang kantor dan rumah seluruh ASN Pemko Padangsidimpuan.

Sementara itu Pj. Wali Kota, Bapak H. Timur Tumanggor dalam arahnnya mengatakan Pemko Padangsidimpuan terus berupaya menyusun langkah-langkah strategis dalam mencegah dan mengendalikan inflasi di Kota Padangsidimpuan, diantaranya dengan sinergi dan inovasi menjaga stabilitas harga dan mewujudkan ketahanan pangan.

“Ini merupakan hasil rapat kita seminggu yang lalu dikantor Wali Kota, dalam rangka pengendalian inflasi, mengendalikan inflasi butuh kreatifitas dan inovasi, untuk itu saya berpesan kepada seluruh kepala dan staf OPD di lingkungan Pemerintah Kota Padangsidimpuan untuk memanfaatkan pekarangan baik kantor dan rumah, serta lahan-lahan kosong yang terlantar agar dimanfaatkan, baik dengan media tanah, pot maupun polybag untuk menanam cabai, bawang merah dan tanama holtikultura lainnya” ungkap Bapak H. Timur Tumanggor.

Menurutnya gerakan ini merupakan salah satu langkah yang mudah dilakukan, tidak butuh effort yang terlalu besar tapi harapannya akan dapat menekan inflasi di Kota Padangsidimpuan.

Dikesempatan itu, Pj. Wali Kota juga menyerahkan sebanyak 750 bibit cabai merah kepada 12 OPD yang akan ditanam di pekarangan kantor masing-masing.
“Nanti akan ada 1200 bibit cabai merah lagi yang disediakan oleh Dinas Pertanian yang akan disalurkan kepada OPD lainnya, termasuk Kecamatan yang kemudian akan menjadi corong untuk desa dan kelurahannya masing-masing” Ucap Bapak H. Timur Timanggor.

(AM-03)