TEBING TINGGI | ARUSMALAKA.COM

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Tebing Tinggi mengapresiasi komitmen Pj. Walikota Muhammad Dimiyathi dalam mewujudkan Kota Tebing Tinggi menjadi Smart City.

Hal itu diungkapkan Ketua DPC PPP Kota Tebing Tinggi, Abdul Firman, S.Pd., M.Si saat sarapan pagi bersama sejumlah awak media di bilangan Kecamatan Padang Hulu, Sabtu (10/9/2022) pagi WIB.

Menurut Firman, salah satu komitmen yang ditunjukkan Muhammad Dimiyathi adalah dengan mennyelesaikan penyusunan master plan Smart City (kota cerdas) yang akan diusulkan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sebagaimana diketahui lanjutnya, baru-baru ini Pemko Tebing Tinggi telah menyelesaikan master plan Smart City yang memuat 6 program dengan 2 diantaranya merupakan program unggulan, yakni Tebingtinggi Online Publik Service (TOPS) dan Pekan Kebudayaan Daerah Kota Tebingtinggi yang keduanya dikemas dalam konsep digital.

Pada tahap selanjutnya papar Firman, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Tebing Tinggi akan menyusun rencana detail pembangunan Smart City dengan berpedoman kepada master plan yang telah disusun.

Dalam penyusunan rencana detail di masing-masing OPD itu, Firman berharap jajaran OPD Pemko Tebing Tinggi dapat melibatkan peran serta dan partisipasi masyarakat untuk memberi masukan.

“Dalam menyusun rencana detail itu, tentunya OPD perlu melibatkan banyak pihak termasuk masyarakat agar konsep rencana yang disusun mengakomodir kearifan dan kondisi realitas masyarakat Kota Tebing Tinggi itu sendiri,” ujar politisi partai berlambang Ka’bah itu.

Selain itu cetusnya, sosialisasi pembangunan Smart City ini harus diperkuat sampai ke level masyarakat. Sebab katanya, sosialisasi yang baik tentunya akan mempermudah pencapaian program.

“Kemudian pembangunan Smart City ini juga sosialisasinya ke masyarakat harus diperkuat ya, supaya masyarakat juga faham dan cita-cita Smart City itu bisa berjalan dengan baik. Sekali lagi sosialisasi sangat penting ya, sebab saya ragu rencana pembangunan Smart City ini sudah tersosialisasi dengan baik ke masyarakat selama ini,” tandasnya.

(Sugito)