Oleh : Dr. Purwadi, M.Hum; Ketua Lembaga Olah Kajian Nusantara LOKANTARA, hp. 087864404347

Dhandhanggula

Sunan Kalijaga manabda ris,

heh Sitibang sun ringkes kewala,

keh padudon tanpa gawe,

mung roro wasitengsun,

lah rasakna salah sawiji,

urip lawan palastra,

ywa angro karepmu,

tangap Pangeran Sitibang,

pindo gawe sun tan arsa pinrih mati,

ngekehken duka cipta.

Ingsun pilih urip kang tan mati,

dadi langgeng nora iki ika,

nging sakarsa ningsun dewe,

tan susah wali ratu,

kang ngulihken mring alam urip,

kaya dudu uliya,

ndadak njaluk tulung,

mring samaning manungsa,

yen Sitibang tan suwe amamrih urip,

lah mara waspadakna.

Ingsun mulih pribadi ing urip,

Sunan Bonang sumambung wacana,

Jenar paran pratingkahe,

denyarsa murweng idhup,

caritakna patrape kaki,

mesem sang Siti Jenar,

apa sira tan wruh,

layak karasan neng dunya,

yen Sitibang tan kewran murweng kajatin,

sun lantih saben dina.

Piyarsakna kabeh para wali,

sun wartani trapeng murweng gesang,

saking maul khayat wite,

ya tirta kamandanu,

ya we marta ya banyu urip,

jejere mung sajuga,

gya pinara telu,

telu nulya pinra sanga,

nging kang dhingin kudu wruh purbaning urip,

dwi wruh kodrating gesang.

Dyan awiwit nutup banyu urip,

kang tri warna bareng pinepetan,

pandulu lan pamyarsane,

katelune pangambu,

awit iku purbaning budi,

budaya panca driya,

wus kerut karacut,

kukut mring telenging nala,

duk wus golong gumeleng dadya sawiji,

jumeneng Suksma Mulya.

Patitise rasakna pribadi,

lamun sira kabeh nora tampa,

wali mentah tanpa gawe,

yen sira yun sumurup,

kawasane kang banyu urip,

yeku jantuning angga,

marmanta ragamu,

adarbe rasa pangrasa,

lan maninge daging mentah nora bacin,

wit saking maul khayat.

Ngaweruhi jatine yen apti,

mepet ponang kang tirta nirmala,

andadak mangsa arane,

gampang angel puniku,

gampangira lamun wus uning,

patrap traping pangangkah,

angracut myang ngukut,

kumpuling kang sangkan paran,

iya aran lakuning tanajul tarki,

kenaning kene kana.

Terjemahan :

Sunan Kalijaga bersabda manis,

heh Sitibang aku singkat saja,

banyak berselisih tidak ada guna,

hanya dua hal kata-kata dariku,

pilihlah salah satu,

hidup atau mati,

jangan bimbang hatimu,

mengertilah Pangeran Sitibang,

sia-sia saya tidak mau disuruh mati,

hanya memunculkan duka cita.

Saya pilih hidup yang tidak mati,

jadi abadi tidak mau ini dan itu,

tetapi menurut keinginan saya sendiri,

tidak perlu menjadi wali atau raja,

yang memberi kehidupan,

seperti bukan pemimpin,

harus mencari pertolongan,

kepada sesama manusia,

jika Sitibang tidak lama mencari hidup,

lihatlah saat ini.

Saya kembali sendiri ke alam hidup,

Sunan Bonang menjawab,

Jenar bagaimana caranya,

kamu hendak mulai hidup,

kisahkan caranya,

tersenyum Sitijenar,

apakah engkau tidak tahu,

wajar engkau senang di dunia,

kalau Sitibang tidak sukar kembali ke alam nyata,

setiap hari saya berlatih.

Dengarkanlah hai para wali,

saya kisahkan cara memulai hidup,

asalnya dari maul khayat, air penghidupan,

yaitu air kamandanu,

atau air penghidupan,

hakekatnya hanya satu,

kemudian dibagi tiga,

tiga kemudian dibagi sembilan,

tetapi yang terpenting harus mengetahui hakekat hidup,

kedua tahu kodrat kehidupan.

Sehingga harus menutup air penghidupan,

yang tiga warna harus ditutup bersamaan,

penglihatan dan pendengaran,

ketiga penciuman,

karena itulah hakekat budi,

budaya panca indria,

telah ikut terpikat (terbebaskan),

terbawa sampai ke pusat hati,

sewaktu terkumpul membulat jadi satu,

jadilah Suksma mulia.

Tepatnya rasakan sendiri,

kalau semua tidak kau ketahui,

wali mentah tanpa arti,

kalau engkau hendak mengetahui,

kekuasaan air penghidupan,

yaitu kelengkapan badan,

terhadap badanmu,

karena itu punya rasa perasaan,

dan lagi daging mentah tidak busuk,

karena maul khayat.

Jika ingin tahu hakekat kenyataan

tutuplah air bening tersebut,

tidak terlalu sulit,

mudah dan sulit itu,

mudah jika sudah tahu,

pentrapan tujuan,

membongkar dan mengumpulkan,

bersatunya asal dan tujuan

yang bernama turun naiknya kehidupan, tanajul tarki, cokro manggilingan hidup manusia,

yang dapat diterapkan di segala tempat.