TAPANULI SELATAN | ARUSMALAKA.COM

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Ketenaga Kerjaan Kabupaten kembali membuka pelatihan berbasis kompetensi (PBK)  gelombang  II (kedua) Non Boarding, bertempat di aula BLK Tapanuli Selatan Kelurahan Lembah Lubuk Manik Siharangkarang Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan, Kamis Siang (4 /8/2022).

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tapanuli Selatan, Arman Pasaribu, S. Sos, M. Si yang diwakili Sekretaris Partahian Ritonga menyampaikan titip salam dan  permohonan maaf Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja  Tapanuli Selatan tidk bisa hadir karena ada tugas yang tidak bisa ditinggalkan.

Beliau berpesan kepada seluruh peserta pelatihan agar benar benar  sungguh sungguh mengikuti pelatihan ini agar ilmu yang disampaikan Instruktur bisa  dipraktekkan  setelah tamat nanti.

Lebih lanjut disampaikan Sekretaris, ” saat ini kita sudah melewati 4 jaman,  yaitu mulai jaman orde lama,  jaman orde baru,  jaman reformasi dan jaman gotongroyong saat ini.

Di jaman gotongroyong ini kita harus sama sama bekerja agar pekerjaan yang berat itu bisa diselesaikan dengan cepat.  Bila kita  bergotongroyong menyelesaikan sesuatu pekerjaan itu akan cepat selesainya. Dalam artian berat sama dipikul ringan sama dijinjing, ” ujarnya. 

Kepada seluruh peserta pelatihan saya samapaikan bahwa sekarang ini tidak perlu lagi Surat tanda tamat belajar (STTB).  namun yang perlu adalah skill atau keahlian. Kalau ada keahlian kita dimanapun kita berada pasti dibutuhkan. Untuk pelatihan menjahit  kita harus bisa mengukur,  membuat model baju dan menjahit pakaian, ” ucapnya.  Begitu juga las harus belajar sungguh sungguh agar berhasil, ” harapnya

“Di jaman online sekarang ini, kita sudah lebih mudah memasarlan hasil keterampilan kita  seperti melalui fb,  Whatsapp dan gruop jual beli online agar semua orang tahu usaha kita, ” ujar Partahian Ritonga.

Dengan mengharap ridho Allah SWT dengan mengucapkan bismilahirrohmanirrohim Pelatihan berbasis kompetensi (PBK) secara resmi saya buka.

Sebelumnya Kepala UPTD BLK Tapanuli Selatan Hasan PH. Dalimunthe menyamaikan  bahwa kegiatan pelatihan ini dilaksankan mulai Tgl 4 Aguatus sampai 9 September 2022. Pelatihan berbasisi kompetensi ini terdiri dari 2 jurusan yaitu pelatihan Menjahit pakaian wanita dewasa,  pelatihan las.

Peserta pelatiham berasal dari Kecamatan Se Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kota Padangsidimpuan.

Hasan berharap kegiatan pelatihan jangan acara seremonial saja,  namun peserta harus sungguh sungguh untuk mengikutinya sampai selesai agar nantinya setelah selesai pelatihan dapat mempraktekkannya lagi sehingga dapat menambah pendapat ekonomi keluarga.

Diharapkan Hasan melalui pelatihan ini dapat memberikan kontribusi pembangunan ketenagakerjaan penting dan strategis terhadap pencapaian visi misi pemerintah Kabupaten Kabupaten Tapanuli Selatan dibawah kepemimpinan Bupati H. Dolly Putra Pasaribu, yaitu sehat, cerdas dan sejahtera,” ujarnya.

(Saad Siregar)