NIAS SELATAN | ARUSMALAKA.COM

Yayasan Pendidikan Nias Selatan setelah mendapatkan ijin operasional SK  Dikti No. 363./E/0/2021 tertanggal 29 Juli 2021 menjadi Universitas Nias Raya (UNIRA) terus berbenah, dimana  Ketua Yayasan Pendidikan Nias Selatan (YPNS), mengangkat Rektor pertama UNIRA, Dr. Martiman S. Sarumaha, M.Pd melalui SK YPNS No. 325/Skep/K-YPNS/III.5/2021.

Ketua Yayasan Pendidikan Nias Selatan, Bambowo Laiya, M.A. secara resmi mengangkat Dr. Martiman S. Sarumaha, M.Pd sebagai Rektor UNIRA yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan) Nias Selatan, di aula YPNS, Jl. Pramuka, Pasar Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Selasa (7/9/2021).

Ketua YPNS Bambowo Laiya, M.A. berharap dengan adanya pengangkatan Rektor baru ini dapat menjalan fungsinya terutama dalam penerimaan mahasiswa baru khususnya untuk tiga prodi baru yaitu lImu Komputer, Sistem Informasi dan Agroteknologi.

Pada kesempatan tersebut juga, melalui Keputusan Rektor mengangkat beberapa Wakil Rektor diantaranya Wakil Rektor I dijabat oleh Restu Damai Laia, M.Pd, Wakil Rektor Il dijabat oleh Samalua Waoma, SE. MM dan Wakil Rektor lll dijabat oleh Dr. Rebecca E. Laiya, M.Pd.

Rektor UNIRA, Dr. Martiman S. Sarumaha, M.Pd mengatakan dengan adanya susunan pejabat baru UNIRA ini,  berharap UNIRA bisa bersaing, bersinergi dimana pun, kelak lulusannya bisa menjadi kebanggaan kita bersama.

Sekedar informasi, Universitas Nias Raya merupakan universitas pertama yang ada di Kepulauan Nias dan kehadiran UNIRA ini menjadi kabar baik khususnya masyarakat Kepulauan Nias. Dimana ada pilihan bagi masyarakat untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

(Afrianus Wau)