TEBING TINGGI | ARUSMALAKA.COM

Walikota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan meninjau kegiatan usaha para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terus bertahan selama pandemi Covid-19 di Kecamatan Rambutan dan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi, Jumat (10/7/2020).

Dalam kunjungannya, Walikota menyempatkan diri melihat budidaya jamur di Kelurahan Mekar Sentosa Kecamatan Rambutan dan pengolahan produk makanan berbahan tempe dan pisang kepok di Kelompok Tani Intan Kelurahan Padang Merbau Kecamatan Padang Hulu.

“Didalam era New Normal Pandemi Covid ini kita harus mempersiapkan segala sesuatu agar jaring pengaman ekonomi kita di daerah itu tidak terputus atau terkendala terutama kepada UMKM”, kata Umar Zunaidi.

Oleh karena itu, lanjut Walikota, kita melakukan kunjungan ini di Kelurahan Mekar Sentosa Kecamatan Rambutan dan menemui Pak Majid yang bekerja didalam pembudidayaan jamur dan membina plasma-plasma petani jamur dalam rangka kita memberikan motivasi dan memberikan bantuan kepada plasma-plasma tersebut.

Demikian juga di Kampung Padang Merbau Kelurahan Padang Merbau Kecamatan Padang Hulu, kita temui kelompok klaster agro wisata dan kelompok Tani Intan adalah dalam rangka prospek kedepan untuk membantu mereka dalam marketing juga produktivitas UMKM dibidang pisang kepok dan tempe juga produk makanan lainnya.

Salah satu pengusaha kelompok Tani Intan Budiarti mengatakan, usaha UMKM bidang makanan ini sudah ditekuninya selama 4 tahun ini.

“Kami memiliki 8 orang pekerja dan produk makanan kami sudah dipasarkan ke Aceh, Medan dan Kota Tebing Tinggi dengan omzet ratusan kilo perminggunya”, jelas Budiarti.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Kadis Pertanian dan Ketapang Marimbun Marpaung, Kadis Kominfo Dedi P Siagian beserta Camat dan Lurah.

(Sugito)