SERDANG BEDAGAI | ARUSMALAKA.COM

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengungkapkan tiga hal yang saat ini masih menjadi permasalahan dunia pendidikan di Indonesia. Ketiga hal itu meliputi kompetensi, distribusi dan kebijakan remunerasi guru.

Hal itu dikatakannya saat menjadi keynote speaker dalam kegiatan Urun Rembuk Pendidikan Sumut yang bertajuk Peningkatan Mutu Pendidikan Menuju Sumut Bermartabat, Jumat (25/10/2019) siang WIB bertempat di aula Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Sergai di Sei Rampah.

Menurut Soekirman, ketiga masalah itu hingga kini masih menjadi kendala utama dalam dunia pendidikan. Akibatnya, yang demikian itu berkontribusi langsung terhadap tersendatnya proses peningkatan mutu pendidikan.

“Saya kira, saat ini dunia pendidikan kita dihadapkan pada tiga permasalahan dasar, yakni kompetensi, distribusi dan kebijakan remunerasi guru. Ketiga masalah dasar ini harus diatasi jika pendidikan kita mau maju,” katanya.

Soekirman juga menyinggung soal Mendikbud yang baru, Nadiem Makarim, yang bukan berlatar belakang pendidikan. Menurut pendiri Yayasan BITRA Indonesia itu, bahwa dunia saat ini sedang menuju era revolusi industri 4.0, yang ditandai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih berbasis aplikasi. Sehingga katanya, latar belakang Nadiem Makarim diharapkan bisa menjawab permasalahan pendidikan yang ada.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman saat menjadi keynote speaker Urun Rembuk Pendidikan Sumut

Sebelumnya Kadisdik Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM selaku tuan rumah, memaparkan peta potensi pendidikan Sergai melalui beberapa program inovasi yang dilaksanakan, yakni program Green Clean and Life (GCL), Gerakan Pelajar Peduli Sampah (Gerappah), Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Urun Rembuk Pendidikan Sumut diikuti oleh Tim Penjamin Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD) Provinsi Sumut, Dewan Pendidikan kabupaten/kota se-Sumut, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), dan stakeholder pendidikan Sergai.

Di acara itu, bertindak sebagai narasumber adalah Wakil Ketua TPMPD Sumut Dr. Muhammad Sani, M.Si yang menyampaikan peta mutu pendidikan di Sumut. Acara juga diisi dengan diskusi menggali hal-hal pendidikan dari para peserta kabupaten/kota yang dipandu oleh moderator Agus Marwan, S.IP dan Drs. H. Mahdi Ibrahim, MM dari TPMPD Sumut. (A-02).