NIAS SELATAN | ARUSMALAKA.COM

Dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Nias Selatan (Nisel), khususnya di Kecamatan Fanayama, UPTD Puskesmas Bawomataluo, melakukan vaksin perdana, dimulai sejak Jumat (30/4/2021) sampai Sabtu (1/5/2021).

Hal ini disampaikan oleh Kepala UPTD Puskesmas Bawomataluo, Tiarman Laia, SKM kepada wartawan disela-sela pelaksanaan vaksin perdana, Sabtu (1/5/2021) di UPTD Puskesmas Bawomataluo Kecamatan Fanayama Kabupaten Nisel.

Ia menuturkan, sasaran pelaksanaan vaksin perdana ini, adalah pegawai Kantor Camat Fanayama, Koordinator Wilayah Disdik dan para guru tingkat SD, SMP dan tutor PAUD se Kecamatan Fanayama.

Terkait jadwal pelaksanaan vaksin untuk masyarakat, Tiarman Laia mengutarakan, pihaknya menunggu petunjuk lanjutan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nisel.

“Sebelum divaksin, para pasien mendaftarkan diri lebih dulu, kemudian dilakukan skrining untuk mengecek kesehatan calon yang akan divaksin. Selanjutnya, apabila dinyatakan sehat, maka baru dilakukan vaksin,” bebernya.

Usai pasien divaksin, lanjutnya, lalu dilakukan observasi selama 30 menit untuk memastikan pasien tidak memiliki gejala akibat vaksin tersebut.

(Afrianus Wau)