TAPANULI SELATAN | ARUSMALAKA.COM

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt, MM, menyampaikan, salah satu upaya pemerintah dalam rangka menangani Covid-19 adalah dengan aktif menyosialisasikan ke masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Selain itu, Pemkab Tapsel terus berkoordinasi dengan pemerintah atasan untuk mendapatkan vaksin Covid-19 agar bisa disalurkan ke segenap masyarakat.

“Apa efeknya vaksin ini? Menciptakan kekebalan kelompok sekaligus mengurangi dampak serius akibat Covid-19, harapannya mengurangi angka kematian akibat timbulnya efek endemi,” ungkap Bupati disela ramah tamah dengan masyarakat di Kantor Lurah Batangtura Sirumambe, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapsel, Sabtu (25/9/2021) pagi.

Selain mengurangi risiko kematian akibat Covid-19, Bupati menyebut, dengan vaksin, sekaligus meminimalisir angka pasien penderita Covid-19 yang dirawat/opname di rumah sakit. Mudahnya, jika selama ini pandemi dipandang mengancam jiwa seseorang, maka dengan divaksin hal itu tak akan terjadi karena kekebalan tubuh sudah semakin meningkat.

“Apa itu endemi? Seperti, flu biasa, demam biasa, batuk-batuk biasa, seperti itu Covid-19, harapannya dengan vaksinasi,” imbuh Bupati.

Mengingat begitu banyaknya manfaat dari vaksin Covid-19, Bupati meminta warga Batangtura Sirumambe, agar mendatangi setiap gerai atau lokasi tempat diadakannya vaksinasi. Lebih dari itu, Bupati menyatakan bahwa, untuk segi pembangunan, akibat pandemi Covid-19 sebagai bencana Nasional non alam, anggaran pemerintah disaat awal dirinya menjabat, koreksi sudah mencapai 30 persen.

“Semakin lama kita menangani Covid ini, semakin tersedot anggaran pemerintah kesitu, akhirnya semakin berkuranglah kemampuan kita membangun (infrastruktur). Itu makanya, kita dorong masyarakat untuk cepat vaksin, supaya kita sehat, sehingga bisa kita alihkan anggaran tersebut untuk membangun yang lain,” papar Bupati.

Sementara itu, Ketua DPRD Tapsel yang diwakili anggota DPRD Tapsel dari Fraksi Gerindra Armen Sanusi Harahap, mengucapkan terimakasih atas kunjungan Bupati ke Batangtura Sirumambe. Diharap, kunjungan itu dapat membawa manfaat bagi masyarakat luas. Selain itu, dirinya juga mengimbau masyarakat agar mau untuk divaksin Covid-19.

Sedangkan Camat Angkola Timur, Ricky Hadamean Siregar, melaporkan ke Bupati bahwa, ada 2.203 warga dan 554 kepala keluarga (KK) yang menghuni Kelurahan Batangtura Sirumambe. Dia menuturkan bahwa, Kelurahan Batangtura Sirumambe sudah sangat maju dan berkembang pesat dalam hal pembangunannya, meski ada beberapa yang perlu dibenahi.

Kepada Lurah Batangtura Sirumambe, Camat meminta agar kembali mendata warganya untuk menerima vaksin Covid-19. Kepada Satgas Covid-19, pihaknya meminta tambahan kuota vaksin dosis pertama, mengingat banyaknya permintaan warga untuk divaksin. Dan mulai Senin (27/9) hingga Kamis (30/9), pihaknya akan mulai lakukan vaksinasi ke sekolah-sekolah dan pesantren.

(Saad Siregar)