TEBING TINGGI | ARUSMALAKA.COM

Setelah beberapa kali ditabrak kendaraan yang melintas, tugu Wahana Tata Nugraha Kota Tebing Tinggi yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Lalang, Kec. Rambutan atau tepatnya persis di depan terminal Bandar Kajum, Tebing Tinggi, akhirnya “raib” diratakan dengan tanah oleh pemerintah setempat.

Sebelumnya, untuk menjumpai tugu ini sangat mudah. Begitu memasuki gerbang selamat datang Kota Tebing Tinggi dari arah Medan, tugu itu langsung kelihatan. Sebab letaknya persis di tengah pulau jalan.

Menurut pantauan arusmalaka.com, Jum’at (9/8/2019) di lokasi, tugu itu kini memang tidak tampak lagi alias raib. Padahal tugu itu adalah buah prestasi di bidang penataan transportasi publik yang diperoleh Pemko Tebing Tinggi.

Tugu Wahana Tata Nugraha yang ditabrak

Salah seorang pedagang lemang disekitar lokasi yang dijumpai arusmalaka.com membenarkan bahwa tugu itu telah berulang kali ditabrak oleh kendaraan yang melintas.

“Beberapa hari yang lalu terakhir kali tugu itu ditabrak truk bang, kayaknya supirnya ngantuk,” kata perempuan yang mengaku bernama Yani itu.

Kejadian yang terakhir kali ini merupakan yang terparah, menyebabkan bangunan tugu rubuh dan hancur berkeping-keping.

Pemerintah setempat berinisiatif meratakan puing-puing bangunan tugu itu agar tidak mengganggu lalu lintas. Sejauh ini belum ada tanda-tanda akan dibangun kembali tugu serupa di tempat itu.

Lokasi tugu, sudah rata dengan tanah

Wahana Tata Nugraha adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Pemko Tebing Tinggi memperolehnya beberapa tahun yang lalu. (A-02).