NIAS SELATAN | ARUSMALAKA.COM

Pemerintah Kecamatan Fanayama Melalui Kepemimpinan Ronaldin Fau, SH.,MH (Camat) yang barusa saja di lantik awal bulan November kemarin, membuat terobosan baru dengan mengadakan  Pelatihan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) di wilayah Kerjannya yang bertempatan di Kantor Camat Fanayama,  Kamis (25/11/2021).

Acara pelatihan Siskeudes ini dihadiri oleh para peserta pelatihan dari desa Se Kecamatan Fanayama dengan jumlah 17 Desa. Dimana masing-masing desa mengirimkan 2 perwakilannya terdiri dari unsur : Sekretaris Desa dan Kaur Keuangan.

Acara pelatihan Siskeudes ini didampingi oleh Tenaga Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa yang ada di Kecamatan Fanayama. Acara ini dibuka oleh Ronaldin Fau, SH.,MH selaku Camat Fanayama.

Acara Pelatihan ini berlangsung selama 2 hari yaitu mulai tanggal 24-25 November 2021. Dimana Pelatihan Pertama di ikutin 8 desa dengan narasumber Pelatihan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Nias Selatan Fejisman Duha dan Pelatihan Hari Kedua di ikutin 9 desa dengan narasumber pelatihan dari Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Nias Selatan, Fa’ano Laia dan Yankas Zagoto.

Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) merupakan aplikasi yang digunakan dalam pengelolaan keuangan desa dalam proses penganggaran, penatausahaan serta pelaporan keuangan yang pelaksanaannya mengacu pada Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) merupakan aplikasi yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa.

Fitur-fitur yang ada dalam Siskeudes dibuat sederhana dan user friendly sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi Siskeudes. Pada aplikasi Siskeudes, dengan proses penginputan sekali sesuai dengan transaksi yang ada, dapat menghasilkan output berupa dokumen penatausahaan dan laporan-laporan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Kelebihan dari aplikasi Siskeudes yaitu sesuai peraturan, memudahkan tatakelola keuangan desa, kemudahan dalam penggunaan aplikasi, dilengkapi dengan sistem pengendalian intern (built-in internal control) dan kelebihan yang terakhir yaitu didukung dengan petunjuk pelaksanaan implementasi serta manual aplikasi.

Saat konfirmasi di tempat kerjanya,  Camat Fanayama Ronaldin Fau,  SH.,MH  mengatakan Kegiatan pelatihan ini,  sengaja dilaksanakan guna untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia aparatur desa dalam mengelolah tata keuangan desa berbasis Siskeudes tahun 2021.

Pantauan Media Arusmalaka.com, Pelatihan Siskeudes ini terlaksana aman dan kondusif serta di sambut baik oleh peserta pelatihan.

(Afrianus Wau)