SERDANG BEDAGAI | ARUSMALAKA.COM

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melantik PPS se Kabupaten Sergai untuk Pilkada serentak tahun 2020 secara daring via zoom meeting dan live streaming di Facebook, Senin (15/6/2020).

Komisioner KPU Sergai Ardiansyah Hasibuan selaku Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat pada awak media mengatakan, bahwa tahapan Pilkada kembali berjalan pasca diterbitkannya PKPU Nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan, jadwal, dan program serta Surat Edaran KPU RI Nomor 441 tahun 2020 tentang pengaktifan PPK dan PPS.

Dia mengatakan, turunnya surat tersebut memerintahkan semua KPU kabupaten/kota untuk melakukan pengaktifan badan adhoc, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan melakukan pelantikan terhadap Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Pilkada serentak 2020.

“Sebanyak 729 orang PPS yang tersebar di 243 Desa se Sergai pada hari ini dilantik dengan cara daring di aplikasi Zoom Meeting,” sebut Ardiansyah.

Meski dilaksanakan secara daring tambah Ardiansyah, pelaksanaan pelantikan tetap mengacu pada protokol kesehatan Covid-19. Sedangkan untuk teknis pelantikan daring, para anggota PPS dilantik dengan cara online di kantor desa masing-masing.

“KPU Sergai mengikuti protokol kesehatan, jadi mereka dilantik di desa masing-masing agar tidak mengumpulkan banyak orang, dan setelah pelantikan akan digelar pleno pemilihan Ketua PPS dengan Anggota PPS menggelar rapat pemilihan ketua dan dilakukan tahapan selanjutnya,” jelas Ardiansyah.

(Dipa Syahbuana)