NIAS SELATAN | ARUSMALAKA.COM

Sebuah Kabar Gembira dimana  Yayasan Pendidikan Nias Selatan (YPNS), bisa berhasil dalam mewujudkan pengabungan 3 Institusi yakni Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) menjadi Universitas Nias Raya (UNIRA), Rabu 1 September 2021.

Keberhasilan YPNS dalam mewujudkan pengabungan 3 Institusi menjadi Universitas Nias Raya (UNIRA), mendapat ucapan selamat dari berbagai kalangan masyarakat Nias Selatan.

Salah Satu Anggota DPRD Nisel sekaligus sebagai Ketua Komisi I DPRD Nisel dari Fraksi Perindo, Memoris Fau, SH mengatakan sangat bersyukur Kepada Tuhan yg maha kuasa atas ridho dan pertolongannya sehingga Universitas Nias Raya (UNIRA) bisa hadir di Nias selatan.

“Harapan kita bersama UNIRA menjadi garda terdepan untuk membentuk sumber daya manusia di Nias Selatan secara khusus dan Kepulauan Nias secara umum,” sambung Memoris Fau, SH.

Melalui Konfirmasi WhatsApp (WA), salah seorang Dosen di YPNS, Rohpinus Sarumaha, M.Pd  mengatakan bahwa keberhasilan penggabungan ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa. “Secara pribadi, saya sangat bersyukur Kepada Tuhan Maha Kuasa atas berkat-Nya bagi seluruh sivitas akademi terlebih Yayasan Pendidikan Nias Selatan (YPNS) dan bahagia atas suksesnya penggabungan STKIP, STIE dan STIH menjadi sebuah Universitas Nias Raya (UNIRA).

Pencapaian ini menjadi batu loncatan bagi kita semua, terutama masyarakat nias untuk mengembangkan diri melalui pendidikan. Kiranya dengan hadirnya Universitas Nias Raya (UNIRA) di pulau Nias, generasi muda Nias mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang layak,”  harap Rohpinus Sarumaha, M.Pd.

Lebih lanjut katanya, tentunya dengan adanya UNIRA akan menambah Program Studi baru yakni Program Studi Sistem Informatika, Program Studi Ilmu Komputer dan Program Studi Agro Teknologi, yang merupakan pilihan bagi Mahasiswa yang mau meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Perguruan tinggi di YPNS yang sudah kian ada yaitu  Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) diantaranya ada 7 (tujuh) Program Studi (Prodi) yaitu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Matematika.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) diantaranya ada 2 (dua) Program Studi (Prodi)  yaitu Prodi Manajemen (S-1) dan Prodi Akuntansi (D-3), Sekolah Tinggi sedangkan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) hanya 1 Program Studi (Prodi) yaitu  Ilmu Hukum.

(Afrianus Wau)