SERDANG BEDAGAI | ARUSMALAKA.COM

Calon Bupati Serdang Bedagai (Sergai) dari Ir H Soekirman bersama tokoh masayarakat Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi serta tokoh pemekaran Sergai H. OK David Purba mengadakan silaturahmi dengan Tengku Abdul Azim yang sering disapa masyarakat Tengku Konteng yang merupakan budayawan di Kecamatan Tanjung Beringin Sergai, Jum’at (16/10/2020) kemarin.

Disela kunjungan silaturahmi tersebut, mereka juga berkesempatan melihat bukti-bukti peninggalan bersejarah dan fakta sejarah Kerajaan Bedagai yang ada di rumah kediaman Tengku Abdul Azim.

“Saya terobsesi agar Istana Pangeran Bedagai ini bisa dibangun kembali,” kata Soekirman di hadapan sejumlah tokoh masyarakat yang hadir.

Menurut Soekirman, di dalam UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Budaya, istana tersebut bisa dibangun, asalkan ada tanah tapak dari Kerajaan Bedagai yang telah bersertifikat.

“Jadi program pasangan Beriman dan Trendi ini, jika berhasil menang pada Pilkada bulan Desember tahun 2020. Kami berencana akan membangun Istana Pangeran Bedagai, dan jika sudah terbangun Istana tersebut menjadi cita-cita kita bersama agar generasi muda yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai tidak melupakannya,” ujarnya.

Soekirman menjelaskan, bahwa Istana Kerajaan Bedagai ini sangat banyak sejarahnya. Dia berjanji jika dirinya terpilih kembali menjadi Bupati Sergai akan membangun kembali istana tersebut agar menjadi artefak replika yang berguna bagi generasi mendatang.

(Dipa Syahbuana)