PADANGSIDIMPUAN | ARUSMALAKA.COM

Pemko Padangsidimpuan melalui Dinas Pertanian (Distan) melaksanakan kegiatan Pemeriksaan hewan ternak qurban dalam rangka Hari Raya Idul adha, Senin (19/7/2021).

Kegiatan ini rutinitas dilaksanakan tiap tahunnya dalam rangka menyambut hari raya idul adha, pemeriksaan ini dilakukan untuk mencek apakah Lembu atau kambing yang mau di kurbankan layak di sembelih atau tidak.

“Setelah kami melakukan pemeriksaan terhadap Sapi yang bisa di qurbankan kami menemukan sapi dan kambing yang sehat dan tidak ada cacat dan layak untuk diqurbankan,” ucap Nelli Suyanti Dokter hewan sebagai plt kepala seksi UPTD  IB dan RPH.

Ia juga menyebutkan Sapi atau kerbau harus berumur lebih dari 2 tahun dan dilihat dengan tumbuhnya dua pasang gigi tetap dan harus sehat dan tidak cacat, sedangkan kambing atau domba yang bisa di qurbankan harus berumur lebih dari satu tahun ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap dan harus sehat dan tidak cacat.

Basiran salah satu Pemilik ternak sapi dan kambing di desa Labuhan Labo, kecamatan Padangsidimpuan Tenggara menyampaikan, dibandingkan tahun yang lalu pembeli sapi dan kambing untuk di Qurbankan tahun ini sangat menurun di bandingkan dengan tahun yang lewat, tahun ini pembeli sapi hanya 42 ekor dan kambing hanya 18 ekor, dibandingkan dengan tahun yang lalu sapi 92 ekor dan kambing 40 ekor, penurunannya sangat signifikan di karena kan masa pandemi pada saat ini.

Sementara itu, Kadis Pertanian Kota Padangsidimpuan, Ir. Parimpunan Siregar menyebutkan pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat sapi atau kambing yang layak di qurbankan, dia juga menyampaikan bahwa ternak sapi dan kambing di desa Labuhan Labo ini sangat sehat-sehat dan tidak ada yang cacat, sapi dan kambing ini juga layak diqurbankan.

(Saad Siregar)