PADANGLAWAS UTARA | ARUSMALAKA.COM

Alumni Madrasah Aliyah Negeri (MAN)  2 Padangsidimpuan Tahun 1994 menggelar reuni perdana, setelah 27 Tahun menyelesaikan pendidikan di Sekolah tersebut, baru kali kali ini digelar dilaksanakan di Gunung Tua Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), Sabtu (5/6/2021).

Selain Kegiatan Reuni, acara ini dirangkai dengan halal bi halal yang diawali dengan kegiatan pengumpulan dana untuk membantu rekan alumni yang dilanda keterbatasan ekonomi khususnya dimasa pandemi covid-19, yang membuat kehidupan semakin sulit. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan donasi untuk bantuan korban perang ke Gaza-Palestina.

Demikian dikatakan, Abi Jumroh Harahap selaku Ketua Panitia Reuni dan Halal bi Halal melalui telepon selulernya saat dihubungi wartawan, Selasa (8/6/2021).

“Reuni ini menjadi sejarah, karena selama ini Alumni MAN 2 tahun 1994 belum pernah melaksanakan acara reuni secara resmi, terpola dan terstruktur dan reuni kali ini sebahagian rekan-rekan alumni baru kali pertama bertemu atau bertatap muka secara langsung selama rentang waktu 27 tahun,” ujar Abi Jumroh Harahap. 

Dikatakan Abi Jumroh Harahap, yang juga saat ini menjabat sebagai Ketua Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Labuhanbatu Raya, Kegiatan ini bertema solidarity dan silaturrahmi seraya memperkuat hubungan kekeluargaan antar sesama alumni MAN 2 Padangsidimpuan tahun 1994.

Abi Jumroh Harahap dalam sambutan dan sekaligus menyampaikan laporannya menyambut baik terlaksanannya acara ini dengan aturan Protokol Kesehatan.

“Kedepan acara seperti ini agar  dilaksanakan berkesinambungan dan seraya mengucapkan terima kasih kepada unsur panitia pelaksana yang telah bekerja keras menyiapkan acara ini dan juga kepada rekan-rekan alumni yang sengaja datang dari kejauhan dari seluruh Indonesia.

Acara berlangsung penuh haru dilandasi rasa kekeluargaan yang erat antar sesama alumni,” ucap Abi Jumroh. Acara diawali dengan pembacaan Al-qur’an oleh Nur Ummi Hasibuan, tausiah Ustadz Zulfahman Siregar (Ketua BKPRMI Sumatera Barat) yang sengaja hadir walaupun jauh.

Kemudian ada penyampaian kesan dan pesan dari alumni oleh Taman Raja Nasution, Marulak Harahap, Lukman Hakim Siregar, Sutan Dalimunthe, Ummul Hasanah Rangkuti, Tuti Rahayu dan Lina Harahap tentang bagaimana alumni MAN 2 Padangsidimpuan berkiprah disegala bidang.

Kemudian ditengah-tengah acara dilantukan sholawat sahabat nabi yang dipandu oleh Tuti Rahayu, sehingga acara begitu berlangsung haru dan hikmad dalam nuansa kekeluargaan. Setelah acara reuni resmi ditutup dilanjutkan dengan rapat rancangan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Ikatan Alumni MAN 2 Padangsidimpuan tahun 1994 (IKAMANDA Pasid 94).

“Dan juga bagaimana bentuk pemberdayaan alumni terlebih-lebih di masa pandemi Covid-19 ini sangat dibutuhkan dan dirasakan manfaatnya, hal ini menjadi topik utama dalam rapat tersebut,” pungkas Abi Jumroh. 

Setelah rapat ditutup, dilanjutkan dengan acara hiburan dengan penyanyi Masrela Lubis dan kawan-kawannya, kemudian dilanjutkan dengan wisata alam ke Candi Bahal Portibi-Kabupaten Padang Lawas Utara yang dipandu oleh Nurhawati Harahap.

(Saad Siregar)