NIAS SELATAN | ARUSMALAKA.COM

Dalam memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan Dirgahayu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang Ke-76 Tahun 2021, yang diperingati setiap tanggal 25 November.  Sekolah Dasar (SD) No.  076105 Bawonahono melakukan upacara bendera di halaman sekolah, Kamis (25/11/2021).

Perayaan Hari Guru Nasional tahun 2021 ini mengusung Tema “BERGERAK DENGAN HATI,  PULIHKAN PENDIDIKAN”. Perlu diketahui bahwa tanggal 25 November ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia (Kepres RI) No. 78 tahun 1994. Dipilihnya tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional, karena pada 24-25 November 1945 telah dilaksanakan kongres organisasi guru se-Indonesia yang kemudian melahirkan organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Dalam Upacara bendera ini,  mempunyai Keunikan dimana personil petugas dalam upacara ini yaitu guru-guru di Sekolah Dasar No. 076105 Bawonahono Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan. 

Pembina Upacara yang di Pimpin langsung Kepala Sekolah, Adilina Harefa, S.Pd, Pemimpin Upacara, Afrianus Wau, Pelapor Upacara Eklitas Wau,  Ajudan Pembina Upacara Wita Hermina Waruwu, Pemimpin Upacara sebelah kanan Feliks Hondro,  Pembaca Tertib Upacara Isiani Gohae,  Pembaca UUD 1945 Satriana Haria,  Pembaca Ikrar Guru Feronika Nehe,  Pembaca Doa Syukur Zai, Pembawa Bendera Nasehati Laowo,  Nurmila Manao dan Temani Nehe dan Peserta Upacara Seluruh Siswa Sekolah Dasar Bawonahono.

Dalam sambutannya, Adilina Harefa, S.Pd mengatakan bahwa seorang guru yang baik, tidak hanya memberikan ilmu kepada peserta didiknya, tetapi juga menanamkan akhlak yang mulia, sopan santun yang baik, pribadi yang taat, serta memiliki rasa kepedulian yang tinggi.

“Dan melalui Hari Guru Nasional ini,  saya berharap semoga bapak Ibu guru tidak bosan-bosan untuk mendidik dan mengajarkan siswa kita,” Harap Kepala Sekolah.

Seusai upacara bendera, peserta didik memberikan apresiasi kepada para guru dalam bentuk ucapan terima kasih dan Pemasangan bunga dada.

(Afrianus Wau)