MEDAN | ARUSMALAKA.COM

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini mengumumkan dan melantik kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 di Istana Negara. Meski sebahagian besar sesuai dengan prediksi pengamat, namun ada sejumlah nama menteri yang mengejutkan publik. Salah satunya adalah Nadiem Makarim yang mengisi pos Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

CEO Gojek itu sebelumnya tidak diperkirakan banyak pihak bisa dipilih Jokowi menjadi Mendikbud mengingat latar belakangnya yang seorang pengusaha dan profesional.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Masyarakat Literasi Indonesia (Formalindo) Agus Marwan, S.IP berpendapat, bahwa dipilihnya Nadiem Makarim sebagai Mendikbud menunjukkan kecermatan Jokowi.

“Menurut saya Pak Jokowi sangat tepat memilih Nadiem sebagai Mendikbud. Nadiem adalah orang muda yg memiliki gagasan visioner dan cerdas untuk bisa memajukan pendidikan disaat perkembangan dunia yang cukup dinamis dan mampu melakukan terobosan-terobosan yang tidak biasa,” kata Agus Marwan, Rabu (23/10/219) di Medan.

Baca Juga : Menteri Kabinet Indonesia Maju Dilantik, Presiden Tak Tetapkan Target 100 Hari Kerja

Alumni Fisip UMY Yogyakarta itu menambahkan, Nadiem adalah sosok anak muda yang unggul di abad revolusi 4.0 ini. Nadiem yang tamatan Harvard Business School Amerika ini orang yang diharapkan mampu membawa pendidikan Indonesia kedepan jauh lebih maju.

“Kekuatan Nadiem ini menurut saya perlu disempurnakan dengan Wamen (Wakil Menteri-red) yang kuat dan berpengalaman dalam menangani aspek kurikulum pendidikan dasar, supaya tidak hanya fokus kepada pendidikan menengah saja. Atau dirjen-dirjen yang berpengalaman menangani pendidikan dasar tetapi terbuka untuk inovasi baru dalam penyelenggaraan persekolahan,” pungkas Agus. (A-02).