SERDANG BEDAGAI | ARUSMALAKA.COM

Meski harus ditempuh dengan kendaraan sepeda motor untuk mengunjungi SDN 104323 Mariah Padang di Desa Mariah Padang Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) karena parahnya kondisi akses jalan perkebunan PTPN 3 Gunung Pamela saat musim penghujan.

Namun begitu tiba di sekolah tersebut rasa letih serta penat akan sirna dengan suasana asri sekolah yang berbalut puluhan jenis tanaman bunga di depan seluruh ruang kelas dan halaman.

Suasana asri tersebut itulah yang dirasakan Kepala Dinas Pendidikan Sergai Drs Joni Walker Manik MM bersama rombongan Ketua Dewan Pendidik (DP) Agus Marwan, Sekretaris DP Abdul Firman Kursin, Anggota DP Murti Anugrah, Kabid SD Sugianto SPd, Kabid SMP Sujarwo SPd, Kabid PTK Pujiono S.Sos, Korwas Carles Pardosi saat monitoring program Green, Ckean and Life (GCL) dan sosialisasi new normal menjelang belajar di sekolah tahun ajaran baru 2020/2021 di masa pandemi Covid-19, Selasa (30/6/2020) di Kecamatan Tebing Tinggi.

Kadisdik dengan mengendarai sepeda motor trail dipandu Korwil Kecamatan Tebing Tinggi Nurhayati Ginting bersama Pengawas dan Kepala Sekolah tiba di SDN 104323 Mariah Padang disambut Kepala Sekolah Bangku Muli SPd bersama para guru sekira pukul 11.00 WIB.

Begitu tiba di halaman sekolah, Kadisdik dan rombongan mulai terpana dengan taman bunga berpuluh jenis, begitu tiba diteras suasa asri semakin terasa, disisi kiri kanan teras tersusun rapi bunga dalam pot dari jenis lidah mertua (sansivera), anggrek, baldu, lidah buaya, bunga kertas, kaktus, anthurium hingga agronema hingga belasan jenis.

“Meski SDN 104323 Mariah Padang termasuk sekolah terpencil dengan jumlah pelajar 65 orang, bangunan sekolah tergolong sederhana dan belum ada aliran listrik, namun mampu berinovasi membuat taman sekolah yang begitu asri yang membuat kita semua betah di sekolah ini”, ujar Joni Walker Manik memberikakan apresiasi kepada Kepala Sekolah dan Guru.

Dengan demikian program GCL imbuh Kadisdik di SDN 104323 Mariah Padang meski belum sempurna tapi cukup berhasil, untuk itu usulan SDN 104323 terkait aliran PLN dan meubiler akan diprioritaskan, terlebih sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah terpencil.

Kadisdik juga menghimbau kepada seluruh Kepala Sekolah menjelang new normal belajar disekolah untuk mempedomani protokoler kesehatan bagi seluruh peserta didik seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun, periksa suhu tubuh, serta atur waktu gelombang belajar.

Kepala SDN 104323 Bangku Muli yang begitu bahagia dikunjungi Kadisdik dan rombongan menuturkan mulai melaksanakan program GCL pada tahun 2018 dengan semangat kebersamaan dengan seluruh guru dan pelajar, menata taman bunga dengan biaya.swadaya hingga bisa asri seperti sekarang ini.

Untuk mensukseskan program.GCL Kepala Sekolah Bangku Muli menyampaikan resep jitu kepada arusmalaka.com yakni setiap satu guru bertanggung jawab dengan satu kelas dengan total 6 kelas, setelah itu Kepala Sekolah akan memberikan penilaian, sehingga seluruh guru berlomba menata halaman dan teras kelas menjadi.taman bunga yang cukup indah dan asri.

Kadisdik Sergai bersama rombongan mengakhiri kunjungan monitoring GCL dan sosialisasi new normal di SDN 102089 Afdeling IV Pabatu Kec.Tebing Tinggi.

(A-02)