BATU BARA | ARUSMALAKA.COM

Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir M.AP, mengatakan, bahwa Uji Kompetensi Guru (UKG) sangat penting bagi guru ataupun lembaga dalam meningkatkan mutu pendidikan agar tercapainya tujuan pendidikan baik di kabupaten, provinsi maupun nasional.

Menyahuti yang disampaikan Bupati Zahir, Dinas Pendidikan (Disdik) Batu Bara melaksanakan UKG terhadap guru-guru yang mengajar di sekolah negeri dari TK sampai SMP di tiga lokasi yang berbeda, Sabtu (3/7/2020).

Ada 61 lokasi yang dipakai untuk pelaksanaan UKG di Batu Bara, yakni SMPN 1 Indrapura, SMPN 3 Indrapura dan SMPN 1 Lima Puluh.

Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus mengatakan, UKG dilaksanakan selain untuk meningkatkan mutu dari tenaga pendidik sekaligus menjadi syarat untuk mengikuti sertifikasi guru.

Lanjut Ilyas, dari 1226 guru honor 8 orang berhalangan untuk ikut UKG, dan menjadi keharusan bagi setiap tenaga pendidik harus mempunyai ijazah S 1 atau D IV.

“Yang lulus dari UKG ini akan menerima SK dari Bupati Zahir dan layak untuk memerima honor dari APBD Pemkab Batu Bara,” jelasnya.

Diakui Kadisdik Batu Bara, mayoritas guru honorer tegang dalam mengikuti tes UKG, dan materi yang mereka dalami hanya 5 persen yang keluar, karena soal ujian dari Unimed Medan.

Sehubungan dengan munculnya isu negatif yang berkembang di lapangan, diduga ada oknum-oknum untuk meraup keuntungan, Ilyas Sitorus menegaskan, akan menindak tegas, baik yang memberi maupun yang menerima akan dipecat sebagai guru honor.

(AJM & Nurmawansyah)