PADANGSIDIMPUAN | ARUSMALAKA.COM

Tim Bola Volly Relasi berhasil menjuari Turnamen Volly Junior Semi Open Piala Alumni 1997 SMAN 2 Padangsidimpuan Cup I Tahun 2021 dan berhak membawa pulang Trophy Bergilir,  setelah berhasil menang atas Samora dengan skor 3:1 pada babak final yang berlangsung pada Minggu (21/3/2021) sore.

Dihadapan seribuan penonton dan sorakan suporter yang memadati pinggir lapangan, kedua tim memeragakan tehnik tehnik permainan yang seimbang. Pada set pertama, Relasi unggul dengan point 25 : 23. Pada set kedua, pelatih Relasi Aswin tidak melakukan change of court formasi pemainnya. 

Hal ini terlihat cukup berhasil, dimana  keberadaan Maksum selaku penyodor bola atau tosser kian leluasa memberi umpan bola kepada Adek selaku Ace spiker dan Ikbal sebagai Quicker yang berhasil mendulang  poin. Di set kedua ini Relasi menyudahi permainan dengan perolehan skor 25:19.

Diawal set ke tiga Tim Relasi anak asuh Aswin sempat tertinggal 3:7 dalam perebutan angka, namun strategi pelatih Relasi yang sering meminta time out saat Samora yang lagi on fire berhasil menahan laju lawan serta menyusul poin lawan. Melalui perjuangan yang ketat serta di topang tehnik Dum Play dan kekuatan smashernya, Relasi mampu memangkas jarak atas ketertinggalan.

Pada pengumpulan poit krusial terlihat di lapangan para cross spike dan straight spike Relasi lebih beruntung di rally poitn serta menyudahi babak ini dengan point 28:26. Pertandingan ini berakhir dengan skor 3:0 dengan point 25:23 – 25:19 – 28:26. Pada pertandingan sebelumnya yakni minggu pagi di perebutan juara ke tiga dan empat, Tim RKVC Kelurahan Timbangan dengan susah payah berhasil mengalahkan anak anak SMA NUSANTARA Lubuk Pakam dengan skor 3:1.

Panitia juga memilih pemain terbaik yakni Quicker terbaik, Ikbal, Tosser terbaik, Maksum,  Spike terbaik, Adek, ketiganya dari Relasi VC.  Muslim Harahap sebagai Libero terbaik dari Sigalangan VC, kemudian pemain  terbaik  Doni dari Samora VC.

Partai Final Turnamen Volly Junior Semi Open Piala Alumni 1997 SMA 2 P.Sidimpuan dihadir Ketua Pemkot PBVSI, Afifuddin Lubis beserta sejumlah pengurus PBVSI Kota Padangsidimpuan, Wakil Ketua KONI, Pengurus Alumni 1997 SMA 2 P.Sidimpuan , Ketua Karang Taruna Kota Padangsidimpuan, Pembina dan pelatih club volly dari P.Sidimpuan dan Tapanuli Selatan serta seribuan warga pencinta olah raga volly.

Turnamen di tutup oleh Budi Saputra Lubis, S.Pd yang mewakili Alumni 1997 SMA 2 P.Sidimpuan. Dalam pidatonya mengatakan bahwa Alumni 1997 SMA 2 P.Sidimpuan dan masyarakat pencinta bola Volly memberi apresiasi kepada Panitia yang telah sukses melaksanakan acara ini. Ia berharap agar Turnamen seperti ini berkelanjutan dan kepada Pemerintah serta KONI Padangsidimpuan agar lebih aktif lagi membuat pertandingan di berbagai cabang olah raga yang ada di kota ini. 

“Dengan berolah raga, generasi muda kita akan terhindar dari Narkoba. Turnamen ini sebagai bentuk kepedulian dan kemitraan Alumni 1997 SMA 2 Padangsidimpuan kepada masyarakat khususnya penggiat olahraga di kota ini. Turnamen ini akan berkesinambungan mengingat adanya piala bergilir yang diperebutkan,” sebut Budi Saputra.

Sementara itu pelatih Tim SMA NUSANTARA Hasan Nasution yang berdomisili di Lubuk Pakam Deliserdang mengatakan bahwa panitia tournament ini cukup berhasil dalam melaksanakan kegiatan, begitu juga ia bangga melihat animo masyarakat Kota Padangsidimpuan dalam menyaksikan pertandingan Bola Volly. 

Hasan berharap agar tournament ini berkelanjutan dan harus mendapat perhatian serius dari PBVSI dan KONI, mengingat atlit yang bertanding di tournamen ini sudah berdatangan dari berbagai Kabupaten dan kota. 

Pada bahagian lain Hasan mengatakan supaya club-club volly di Padangsidimpuan memperbanyak turnamen volly Junior baik yang sipatnya lokal maupun semi open junior regional. β€œ untuk melahirkan atlet berprestasi banyak hal yang bisa kita lakukan, salah satunya memperbanyak turnamen junior lokal seperti pertandingan usia 15 dan 19 tahun. Dengan adanya turnamen volly junior maka akan lahir atlet yang akan bermanfaat bagi kota ini” ucap Hasan.

Di akhir acara, diserahkan hadiah berupa Trophy bergilir, trophy tetap dan uang pembinaan kepada tim pemenang 1-4 begitu juga kepada 5 pemain terbaik.

(Saad Siregar)