LABUHANBATU | ARUSMALAKA.COM

Ada beragam cara dilakukan orang untuk berjumpa dan melihat aktivitas warga. Tokoh muda Sumut kelahiran Labuhanbatu, Agus Marwan, S.IP melakukannya dengan cara “blusukan” ke desa-desa tempat masyarakat berada. Dengan begitu, dia bisa berinteraksi langsung dengan mereka. Seperti yang dilakukannya beberapa waktu yang lalu di Dusun Kampung Baru, Desa Lingga Tiga, Kec. Bilah Hulu, Labuhanbatu.

Di desa itu, pria yang pernah menjabat Direktur Utama PT. Dhirga Surya Sumut (BUMD) itu disambut sejumlah tokoh masyarakat dan pemuka agama, diantaranya Abdul Rahim, H. Roppu Siregar, H. Ali Muda Rambe, Triman dan lain-lain.

Kepada Agus Marwan, sejumlah tokoh itu menyampaikan keadaan dan kehidupan masyarakat, termasuk berbagai keluhan dan kebutuhan infrastruktur kemasyarakatan lainnya. “Salah satu kebutuhan masyarakat di desa ini adalah akses jalan, bapak bisa lihat sendiri, jalan kami belum beraspal, padahal kami sangat membutuhkan untuk mengangkut hasil perkebunan, pertanian maupun lalu lintas warga,” kata Abdul Rahim mewakili tokoh masyarakat yang ada disana.

Sementara itu H. Ali Rambe mengungkapkan pentingnya sarana dan prasarana pembinaan keagamaan masyarakat khususnya generasi muda. “Kami sangat membutuhkan pembangunan masjid dan madrasah untuk sarana pendidikan agama anak-anak warga kami,” kata H. Ali Rambe.

Agus Marwan, S.IP memberikan bantuan sarana pembelajaran untuk menunjang pendidikan anak-anak masyarakat Dusun Kampung Baru Desa Lingga Tiga.

Menanggapi hal itu, Agus Marwan mengatakan bahwa, pentingnya perhatian yang baik dari pemerintah dalam hal ini Pemkab Labuhanbatu. Sebab kata Agus Marwan, tugas pemerintah itu ada tiga, yakni menyelenggarakan pemerintahan, melaksanakan pembangunan dan melaksanakan tugas-tugas kemasyarakatan.

“Ketiga fungsi itu harus bisa menjadi dasar terwujudnya pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Agus Marwan.

Selain itu tambah Agus Marwan, dalam pelaksanaan pembangunan, pemerintah tidak bisa melaksanakannya sendirian. Harus ada keterlibatan masyarakat didalamnya. “Kedepan, pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan Labuhanbatu harus melibatkan masyarakat, dengan demikian akan terwujud Labuhanbatu yang bagus,” pungkas Agus Marwan. (A-02).