LABUHANBATU | ARUSMALAKA.COM

Puluhan warga yang tergabung dalam komunitas Gerakan Masyarakat Labuhanbatu Peduli Roni dan Jais (GEMALA PEROJA) mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat di Jalan WR Supratman Rantauprapat, Rabu (14/10/2020).

Dipimpin Hasanuddin Hasibuan, Mulkan Hasibuan, Lahmuddin Hasibuan dan Ison Munthe, masing-masing selaku koordinator, puluhan massa GEMALA PEROJA menyampaikan aspirasi mereka terkait penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Kabupaten Labuhanbatu, 9 Desember 2020 mendatang.

Saat menyampaikan aspirasinya, GEMALA PEROJA meminta kepada KPU Labuhanbatu beserta jajarannya agar melaksanakan semua tahapan Pemilukada hingga selesai nantinya secara jujur dan adil tanpa adanya intervensi (campur tangan) dari pihak manapun. 

Kemudian, GEMALA PEROJA juga meminta agar KPU Labuhanbatu beserta jajarannya, dalam melakukan perekrutan petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS), agar menolak orang-orang “titipan” dari tim pemenangan pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati yang akan ‘bertarung’ pada Pemilukada 9 Desember 2020 mendatang. 

“KPU Labuhanbatu harus netral dan profesional serta wajib bekerjasama dengan berbagai pihak terkait agar tercipta Pemilukada yang jujur, adil, dan damai di daerah ini,” kata Hasanuddin Hasibuan dalam orasinya. 

Ditambahkannya, KPU Labuhanbatu beserta jajaran harus transparan dalam melakukan semua tahapan pelaksanaan Pemilukada, agar pesta demokrasi 9 Desember 2020 ini dapat menghasilkan Bupati-Wakil Bupati yang amanah sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017, UU Nomor 6 Tahun 2020, Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perpu) nomor 2 Tahun 2020, Perubahan Ketiga UU Nomor 1 tahun 2015 dan penetapan Perpu Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilukada. 

Sementara, salah seorang koordinator lainnya, Mulkan Hasibuan, dalam orasinya menyampaikan agar pelaksanaan pengawasan Pemilukada dapat dilakukan dengan jujur dan adil, agar suasana kondusif yang sudah ada saat ini dapat dipelihara dan dipertahankan. 

Menanggapi tuntutan/permintaan massa GEMALA PEROJA tersebut, Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi SSos, menyatakan bahwa pihaknya sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah mengingatkan panitia penyelenggara Pemilukada di daerah ini agar bekerja secara profesional dan transparan serta jujur dan adil dalam melaksanakan semua tahapan pelaksanaan Pemilukada. 

“Terimakasih kepada massa GEMALA PEROJA yang sudah ikut aktif dan peduli serta mau berpartisipasi dalam mengawasi dan mengingatkan KPU Labuhanbatu,” ucap Wahyudi. 

Lebih lanjut, alumni fakultas ilmu sosial dan ilmu  politik (Fisip) UISU itu mengatakan, KPU Labuhanbatu akan tetap memegang komitmen untuk menjaga integritas dan independensi dalam melaksanakan Pemilukada 2020 yang berkualitas. 

“Sinergitas penyelenggara Pemilukada dan masyarakat menjadi penentu untuk menghasilkan pemimpin yang diharapkan,” ujar Wahyudi. 

Setelah mendengar tanggapan dari Ketua KPUD Labuhanbatu, massa GEMALA PEROJA yang mendukung Paslon Bupati-Wakil Bupati nomor 4, yaitu H Abdul Roni Harahap – Ahmad Jais Rambe (RoJa), membubarkan diri dengan tertib dan damai.

(Dhedi Bas)