MEDAN | ARUSMALAKA.COM

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Madani Desa Melati II Kecamataan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) dalam penyediaan komoditi pangan dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) PT. Dhirga Surya Sumut, yang dilaksanakan di aula Dinas PMD Provsu, Sabtu ( 27/6/2020).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur BUMDes Madani Mhd Safrizal dengan Direktur PT Dhirga Surya Sumut Isfan F Fachrudin SE. M.Si yang disaksikan oleh Kepala Dinas PMD Provsu  Ir. H Aspan Sofian, MM, Kabid Pembangunan Dinas PMD Timbul Naibaho SH, Kepala Desa Melati II Supardi, dan Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa Tengku Fahrizal Husni.

Direktur Utama Dhirga Surya Sumut Isfan F Fachrudin mengatakan, bahwa rencana bisnis itu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup petani, salah satunya dengan cara memutus rantai tengkulak.

Dia juga menyebutkan beberapa kali pertemuan dan diskusi yang difasilitasi oleh Dinas PMD, beberapa BUMDes di Kabupaten Deli Serdang, Sergai, dan Langkat menyatakan kesediaan untuk melakukan kerja sama.

Sementara Kepala Dinas PMD Provsu Ir. H Aspan Sofian,MM berharap  agar kerjasama yang dilakukan ini dapat meningkatkan perekonomian para petani.

Selain itu tambahnya, dapat memaksimalkan peranan BUMDes dalam upaya menjaga ketahanan pangan yang ada diberbagai desa di Provinsi Sumut.

(Dipa Syahbuana)