LABUHANBATU | ARUSMALAKA.COM 

Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) nomor urut 02, dr H Erick Adtrada Ritonga – Hj Ellya Rosa Siregar (ERA), meraih 440 suara dalam pemungutan suara ulang (PSU) jilid II pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (19/6/2021).

Sementara Paslon Bupati dan Wabup nomor urut 03, H Andi Suhaimi Dalimunthe – Faizal Amri Siregar ST (ASRI) yang merupakan petahana, hanya meraih 410 suara atau selisih 30 suara dari Paslon nomor urut 02 (ERA). 

Hasil penghitungan suara sementara di tempat pemungutan suara (TPS) 007 di Jalan Sempurna, Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan, persisnya di depan kampus Universitas Al-Washliyah (Univa) Labuhanbatu, Paslon nomor urut 02 (ERA) meraih 220 suara. Sementara Paslon nomor urut 03 (ASRI), memperoleh 237 suara.  

Sedangkan di TPS 009 di Jalan Belibis Simpang Mangga, Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan, Paslon ERA juga meraih 220 suara, Paslon ASRI hanya memperoleh 173 suara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu, Wahyudi SSos, kepada wartawan di Rantauprapat mengatakan, PSU Jilid II Kabupaten Labuhanbatu telah usai dan dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes). Pemilih yang datang ke TPS ingin memberikan suaranya, tetap wajib menggunakan masker dan mencuci tangan terlebih dulu di tempat yang telah disediakan petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

“Kita juga sudah memastikan semua proses pelaksanaan sesuai dengan perintah dan ketentuan yang ditetapkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Seluruh warga pemilih yang datang ke TPS sudah kita periksa keaslian Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan memang benar penduduk Labuhanbatu. Jadi, syarat pemilih, terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Pindahan (DPPh), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang memenuhi syarat dan yang ber-KTP Labuhanbatu. Sudah kita pastikan semuanya berjalan sesuai dengan ketentuan dan amar putusan MK serta arahan dari surat KPU RI Nomor 523,” kata Wahyudi. 

Ketua KPU Labuhanbatu itu mengaku, pada pelaksanaan PSU jilid II ini, sekitar 95 persen warga yang telah menyalurkan hak pilihnya.

Disinggung wartawan tentang siapa Paslon yang meraih suara terbanyak di PSU Pilkada Labuhanbatu Jilid II ini, Wahyudi mengaku belum mengetahui secara pasti. “Saya belum menghitung persis, nanti kita rekap di KPU,” ujarnya.

(Dhedi Bas)