ACEH UTARA | ARUSMALAKA.COM

Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Aceh Utara memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah ikut andil membantu warga imigran Rohingnya yang terdampar di seputaran pesisir pantai Gampong Lancok Kecamatan Syamtalira Bayu Aceh Utara, Aceh, Kamis 25 Juni 2020.

Apa yang dilakukan masyarakat adalah bentuk solidaritas kemanusiaan untuk menolong, mengingat kapal mereka dalam keadaan rusak dan terdapat banyak anak – anak dan perempuan dalam kapal tersebut yang membutuhkan pertolongan.

Penggalangan dana yang dilakukan oleh masyarakat di sekitar bibir pantai Gampong Lancok patut diapresiasi sebagai bentuk kemanusiaan, karena menyangkut tentang kemanusiaan. Masyarakat Aceh adalah masyarakat yang toleran. Demikian diungkap oleh Wakil Ketua DPD PSI Aceh Utara Fahmi, S.IP.

Dikatakannya, dulu ketika konflik Aceh, banyak warga Aceh yang mencari suaka politik keluar negeri dan seharusnya sekarang ketika Aceh damai sudah sepatutnya ikut andil membantu masyarakat Rohingnya karena mereka juga membutuhkan pertolangan.

“Konvensi pengungsi PBB merupakan instrumen hukum yang diakui secara internasional untuk melindungi para pengungsi, walaupun Indonesia bukan salah satu negara yang ikut menandatangani Konvensi Pengungsi PBB tahun 1951 tersebut, namun tidak ada salahnya kita juga ikut menolong mereka sebagai bentuk solidaritas kemanusian,” ujar alumnus Fakultas Ilmu Politik Universitas Malikussalah itu.

(A-01)