BATU BARA | ARUSMALAKA.COM

Mengahadapi kesiapan penanggulangan bencana di Kabupaten Batu Bara, Polres setempat mengadakan apel kegiatan bersama seluruh unsur Muspida yakni TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, Dishub, tenaga medis yang diwakili RSUD Batu Bara, Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan atuan ormas penanggulangan bencana .

Apel kesiapan penanggulangan bencana di laksanakan di halaman Mako Polres Batu Bara dipimpin oleh Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima.

Oky Iqbal Prima SE, selaku pimpinan apel menjelaskan, bahwa seuai dengan Undang-undang Nomor 2 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana alam bahwa bencana adalah peristiwa yang diakibatkan alam atau pun manusia yang dapat mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

“Selain korban jiwa harta benda prasarana, becana alam juga dapat mengganggu tata kehidupan atau pun penghidupan masyarakat. Maka dari itu kita harus siap dan siaga dalam hal penanggulangan bencana alam ini,” ucap Wakil Bupati.

“Maka dengan begitu Forkopimda Kabupaten Batu Bara bersama dengan pihak TNI-Polri harus bersiap untuk mengantisipasi dan mengahadapi bencana-bencana yang akan terjadi. Baik itu bencana alam ataupun bencana akibat ulah manusia,” ujarnya.

Sementara dalam kata sambutanya Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis mengatakan, dalam persiapan penanggulangan bencana alam ini pihaknya bersama TNI akan selalu siap dalam segala hal, baik pada saat terjadi bencana maupun persiapan antisipasi bencana.

“Kami telah mempersiapkan berbagai hal mulai dari perlengkapan bantuan sampai penyuluhan ke masyarakat disaat terjadinya bencana alam nanti,” pungkas AKBP Ikhwan Lubis.

Kegiatan ini diakhiri dengan doa bersama agar Batu Bara terhindar dari bencana . Termasuk, bencana wabah virus corona yang sedang melanda dunia saat ini.

(Nurmawansyah)