SERDANG BEDAGAI | ARUSMALAKA.COM

Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Ir H Soekirman diwakili Kepala Dinas Kesehatan, dr Bulan Simanungkalit bersama Kapolres Sergai diwakili Kasat Intelkam, Iptu Bobi Vaski Pranata SIK melepas para petani yang tergabung dalam Serikat Tani Simalingkar Bersatu dan Serikat Tani Mencirim Bersatu untuk melanjutkan aksi jalan kaki menuju Jakarta, Sabtu (27/6/2020) di Halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.

Sebelum dilepas, para petani diwajibkan mengenakan masker dan terlebih dahulu menjalani protokol kesehatan pengecekan suhu tubuh yang dilakukan oleh petugas medis dari Dinas Kesehatan Sergai. 

Selain itu, Pemkab Sergai melalui Dinas Kesehatan, juga memberikan bantuan berupa masker, hand sanitizer, serta vitamin dan obat-obatan yang diserahkan kepada tim medis kelompok petani tersebut untuk dgunakan selama perjalanan.

Kadis Kesehatan Sergai, dr Bulan Simanungkalit berpesan kepada para petani agar tetap mengutamakan kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan aksi perjuangan.

“Kalau kondisi kesehatan terganggu, jangan dipaksakan untuk berjalan, lebih baik istirahat di mobil medis sampai pulih kesehatannya. Semoga perjuangan bapak ibu sekalian membuahkan hasil yang manis. Kita berharap, 150 yang berangkat ini, semuanya dalam keaadaan sehat saat kembali nanti,” ujar Bulan Simanungkalit.

Sementara Bupati Sergai, Ir H Soekirman melalui aplikasi videocall sempat menyapa  para petani dan mengimbau agar tetap semangat dan selalu mematuhi prokol kesehatan.

“Jika ada kendala selama di perjalanan,  jangan sungkan menghubungi saya. Saya akan bantu melalui asosiasi pemerintah kabupaten (Apkasi) agar membantu bapak/ibu sekalian, sehingga dapat tiba di Jakarta dengan sehat dan selamat,” pesan Soekirman.

Sedangkan Kapolres Sergai diwakili Kasat Intelkam Iptu Bobi Vaski Pranata SIK meminta para petani agar tetap menjaga keamanan, keselamatan dan ketertiban selama melakukan perjalanan, sehingga tidak mengganggu ketertiban masyarakat umum, terutama masyarakat pengguna jalan. 

Sementara Dewan Pembina Serikat Tani Simalingkar Bersatu dan Serikat Tani Mencirim Bersatu, Aris Biyono menyampaikan apresiasi dan ucapan terma kasih yang setinggi-tingginya kepada Bupati dan Kapolres Sergai serta jajaran, yang telah memfasilitsi dan memberikan perhatian kepada kelompok petani. 

“Kami masyarakat petani berharap, pemerintah kabupaten/kota yang akan dilintasi nantinya, juga dapat memberikan perhatian kepada kami seperti yang dilakukan oleh Bupati dan Kapolres Sergai ini,” ungkap Aris Biyono penuh haru. (*)

Usai pelepasan, para petani bergerak meninggalkan pelataran Kantor Bupati Sergai untuk melanjutkan aksi perjuangan dengan berjalan kaki diiringi mobil medis dan truk pengangkut logistik yang telah disiapkan kelompok petani tersebut.

(A-02)