MEDAN | ARUSMALAKA.COM

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2019, Horas Bangso Batak (HBB) menggelar Seminar Nasional Hari Pahlawan bertempat di Adventist Convention Hall, Jalan RA. Kartini No. 17 Medan, Jumat (8/11/2019) kemarin.

Seminar Nasional itu mengambil tema Mengenal Lebih Dekat Perjuangan dan Kepahlawanan Raja Sisingamangaraja XII. Sedangkan sub tema seminarnya adalah Semangat dan Nilai Perjuangan Pahlawan Kemerdekaan Nasional Raja Sisingamangaraja XII serta Pengaruhnya Terhadap Generasi Muda Indonesia.

Sejumlah nama pesohor hadir sebagai narasumber kegiatan ini, yakni Hilmar Farid, PhD (Dirjen Kebudayaan Republik Indonesia), Prof. Dr. Bungaran Antonius Simanjuntak (Antropolog dan Sosiolog), Tuan Syekh KH. Ali Akbar Marbun (Sejarawan dan Budayawan), Ir. Monang Naipospos (Sejarawan dan Budayawan), dan Sahala Panggabean, MBA (Pengusaha, Jakarta).

Selanjutnya Sulaiman Juned, S.Sn., M.Sn (Peneliti Institut Seni Indonesia, Sumbar), Tuan Patiaraja Thompson HS (Sejarawan dan Budayawan), dan Dr. Hj. Dahlena Sari Marbun, M.Ed (Dosen UISU).

Sumber dari panitia menyebut, selain memperingati Hari Pahlawan, tujuan digelarnya seminar ini adalah untuk mengingat kembali perjuangan Raja Sisingamangaja XII dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Raja Sisingamangaraja XII adalah pahlawan nasional kebanggaan Sumatera Utara (Sumut), seminar ini kami dedikasikan sebagai penghargaan bagi perjuangannya,” ucapnya.

Salah seorang narasumber, Prof. Dr. Bungaran Antonius Simanjuntak menyinggung soal pentingnya upaya pelestarian bidang sejarah dan bahasa. Dia mengajak generasi muda untuk mencintai sejarah dan bahasa, sebab generasi muda merupakan elemen penting perjalanan bangsa. “Mencintai sejarah dan bahasa merupakan pra-syarat dalam mencintai negara ini,” tuturnya.

Selain itu, Prof. Bungaran meminta Mendikbud RI Nadiem Makarim untuk membuat kurikulum khusus di bidang sejarah dan bahasa, mengingat banyaknya jumlah bahasa di Indonesia yang mencapai ratusan bahasa.

“Kami mendorong agar Mendikbud membuat kurikulum khusus di bidang sejarah dan bahasa,” katanya.

Salah seorang peserta kegiatan, dr. Sofyan Simbolon yang diundang secara khusus dari Jakarta mengaku sangat senang bisa dilibatkan sebagai peserta. Dirinya berharap perjuangan dan kepahlawanan Raja Sisingamangaraja XII harus menjadi spirit bangsa Indonesia. (A-02).