SERDANG BEDAGAI | ARUSMALAKA.COM

Peredaran narkoba dewasa ini semakin marak bukan hanya di kalangan kaum muda, namun lebih variatif sepertii wanita, artis, pejabat, aparat pemerintah, tokoh masyarakat, bahkan anak-anak.

Berdasar penelitian, pada tahun 1970 jumlah pemakai narkoba di Indonesia sekitar 130.000 Orang dan pada akhir tahun 2000 jumlahnya menjadi 2 Juta orang. Berarti dalam kurun waktu 30 tahunan jumlah pemakai narkoba naik mencapai 150 kali lipat atau sekitar 15.000 %.

Demikian disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Serdang Bedagai (Sergai) Drs Adlin M. Tambunan didampingi Hendri Liranto Petrus, SE (Kasi P2M), Mahdalina Hutagalung SKM (Kasi Rehabilitasi), dan Jusuf Bangun, SH, MM (Kasubag Umum) melalaui press release di aula Kantor BNNK Sergai di Sei Rampah, Senin (29/6/2020) siang WIB.

Dikatakannya, memperingati Hari Anti Narkotika Nasional (HANI) tahun 2020, BNNK Sergai mengambil tema “Hidup 100 % di Era Normal dengan Cara Sadar Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba”.

“Peringatan HANI akan ditandai dengan penandatanganan peraturan bersama 13 K/L secara virtual terkait website aduannarkoba.bnn.go.id serta melaksanakan puncak peringatan HANI melalui video converence di Aula Sultan Serdang yang juga akan ihadiri oleh Bupati Sergai,” jelas Adlin.

Untuk menggelorakan peringatan HANI lanjutnya, pihaknya juga akan mengadakan berbagai kegiatan diantaranya, penyuluhan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) yang rutin dilaksanakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat agar selalu mengikuti himbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dan bahaya penyalahgunaan narkoba.

BNNK Sergai juga bekerja sama dengan komunitas sepeda motor RNC (Rider N-Max Community) Sergai dengan menggelar konvoi sehat tanpa narkoba sekaligus pembagian masker dan brosur serta stiker stop narkoba di Kecamatan Dolok Masihul.

“Kami juga memberikan donasi dalam kegiatan konser amal Slank dan untuk memeriahkan acara tersebut seluruh personil nonton bareng secara online di kantor BNN Kabupaten Sergai. Hasil konser amal tersebut disumbangkan ke Satgas Nasional Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” imbuhnya.

(Dipa Syahbuana)