PADANGSIDIMPUAN | ARUSMALAKA.COM

Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) dari tiga daerah yakni Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapanuli Selatan dan Padanglawas  melakukan Musyawarah (MUSCAB) Bersama dalam rangka membentuk kepengurusan baru. Kegiatan ini dilaksanakan pada, Sabtu (14/8/2021) sore di Aula SMK Negeri 2 Padangsidimpuan.

Ketua Panitia, Mankolasi  dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan ini merupakan agenda dari ISSI Sumatera Utara yang menargetkan agar kepengurusan ISSI ada di seluruh Kabupaten dan Kota. Seperti deketahui bahwa PB ISSI saat ini di pimpin oleh Kapolri Jendral Listyo Sigit Pramono,Msi Selaku Ketua Umum.

Usai pelaksanaan Muscab Bersama, agenda di teruskan dengan prosesi pelantikan Komposisis dan personalia kepengurusan ke tiga Pengcab tersebut. Terpilih selaku pengurus Pengcab ISSI Kota Padangsidiumpuan Ketua H. Rifani Azhari Harahap, Sekretaris Ari Syahrizal, Bendahara, Reza Ahmad Saleh.

Pengcab ISSI Kabupaten Tapanuli Selatan Ketua Samsul Hadi, Sekretaris Zukhri Diapari, Bendahara Kasnen. Pengcab ISSI Kabupaten Padanglawas, Ketua Ahmad Fauzi, Sekretaris H. Syahreza Harahap, Bendahara Yuspi Syahrizal Harahap. Masa Bakti Kepengurusan yang dilantik tahun 2021-2025.

Sambutan Ketua terpilih di wakili oleh Ketua ISSI Kabupaten Padanglawas, Ketua Ahmad Fauzi mengatakan bahwa amanah yang di emban pengurus cabang ISSI dalam memajukan olah raga sepeda bukanlah hal yang mudah. Untuk itu jajaran Pengcab dari ke tiga daerah ini mohon dukungan dari berbagai pihak agar kedepan lahir atlet atlet berprestasi di cabang sepeda khususnya dari tiga daerah yang baru dilantik kepengurusannya.

Ketua KONI Padangsidimpuan, Saiful Jamil Hasibuan yang di daulat memberi kata sambutan mewakili pengurus KONI tiga daerah mengatakan bahwa Muscab bersama dan Pelantikan bersama ini adalah hal yang pertama kali di laksanakan cabang olah raga di Tabagsel.

“Hal ini patut di contoh untuk efisiensi kegiatan, selamat bergabung di KONI Padangsidimpuan, karena kepengurusan yang dilantik hari ini adala Pengcab ISSI pertama di daerah ini. Saya berharap pada kegiatan PORPROVSU yang akan datang, sudah ada atlet dari daerah ini yang akan bertarung di acara tersebut,” ucap Saiful Jamil.

Sementara itu kata sambutan mewakili tiga Kapolres dari masing masing Pengcab Di Wakili Oleh Kasat Lantas Polres Tapanuli Selatan, AKP. Zainal M mengatakan bahwa jajaran Polres sangat mendukung segala kegiatan positif dari cabor sepeda ini.

Para pengurus harus membuat terobosan dalam upaya melahirkan atlet bersepa berprestasi.  Ia juga menyampaikan bahwa ada personel Polres Tapsel yang berprestasi di tingkat nasional.

Kata sambutan dari yang mewakili penasehat di sampaikan oleh Haris Yani Tambunan yang juga anggota DPRD Kab. Tapanuli Selatan. Ia menyampaikan kronologi pembentukan kepengurusan Pengcab ISSI di Kota Padangsidimpuan dan Kab. Tapanuli Selatan yang bermula dari banyaknya animo masyarakat bersepeda namun kepengurusan ISSI di bawah KONI daerah belum ada.

“Dari diskusi dengan beberapa orang yang cinta bersepeda, maka di gagaslah pembentukan Pengcab ISSI dan hasilnya sudah dilantik hari ini,” papar Haris Yani Tambunan.

Pada sesi Bimbingan dan arahan Ketua Pengurus Provinsi ISSI Sumatera Utara,  H.Akbar Himawan Buchari, SH yang di wakili SF Yuda (Kabid Balitbang ISSI Sumut) dalam arahannya mengatakan bahwa Pengcab harus mempunyai target prestasi.

“Saya  merasa bangga karena di kota padangsidimpuan sudah ada arena atau track untuk bersepeda yang terbuka untuk umum. Lokasi tersebut di bukit Teletabis Kecamatan Padangsidimpuan Batu Nadua,” pungkasnya.

Selain pengurus yang dilantik, hadir di acara tersebut antara lain Rombongan Pengprov ISSI Sumut, Perwakilan dari Polres Padangsidimpuan, Polres Tapsel dan Polres Padang Lawas, Perwakilan dari Dispora, Pengurus KONI dari tiga daerah tersebut, Ketua Karang Taruna Kota Padangsidimpuan, Kepala SMKN 2 Padangsidimpuan dan sejumlah undangan lainnya.

(Saad Siregar)