PADANGSIDIMPUAN | ARUSMALAKA.COM

Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan hari inimenggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang dilaksankan di lapangan lapangan Pesantren Al – Ansor kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Jumat (22/10/2021).

Upacara di pimpin oleh Wawako Ir. H. Arwin Siregar, MM dan di hadiri oleh Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH , Unsur Forkopimda Padangsidimpuan, FKUB (Forum Kerukunan Ummat Beragama), Baznas Padangsidimpuan, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Padangsidimpuan, Pimpinan Pondok Pesantren dan tamu undangan serta para Santri yang terlibat sebagai peserta upacara.

Dalam kesempatan itu Wawako Arwin selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Santri Nasional membacakan amanah sambutan Menteri Agama RI.

Wawako Arwin mengatakan, totalitas santri dalam rangka membantu menangani Covid 19 dan kehidupan yang ber Akhlakul Karimah sangat dibutuhkan oleh pemerintah saat ini.

“Totalitas untuk pengabdian, jiwa raga pun harus diberikan dalam rangka menangani Covid 19 dan kehidupan yang ber Akhlakul Karimah,” kata Wawako.

Lanjutnya, santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan 5M + 1D (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan doa).

Kita patut bersyukur karena dua tahun lalu menjelang peringatan hari santri 2019 ,santri mendapat kado istimewa berupa pengesahan Undang – Undang  Nomor 18 Tahun 2019 tentang pesantren dan di peringatan hari santri 2021 ini pesantren kembali mendapat kado indah dari Presiden Joko Widodo berupa Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren yang khusus mengatur tentang dana abadi pesantren.

Usai Upacara Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH mengatakan, bahwa kita semua di kota Padangsidimpuan harus meningkatkan komitmen kita terhadap generasi penerus ulama dan pendakwah.

“Jadi dakwah ini bukan saja dilakukan oleh para kyai, tetapi juga dakwah itu bisa dilakukan oleh santri – santri yang ada ditempatnya masing – masing, estafet dakwah ya tepatnya,” pungkas Wako Irsan.

Setelah rangkaian upacara peringatan hari santri tahun 2021 juga dilaksanakan penyaluran bantuan dari BAZNAS kota Padangsidimpuan secara simbolis kepada siswa SD, SMP, SMA dan Mahasiswa oleh Walikota Padangsidimpuan beserta Forkopimda Padangsidimpuan.

(Saad Siregar)