PADANGSIDIMPUAN | ARUSMALAKA.COM

Pemerintah Kota Padangsidimpuanl dengan Direktorat Jendral Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi Lakukan  Penandatanganan Nota Kesepahaman antara dan Pemerintah Kota Padangsidimpuan bertempat di Aula kantor, Rabu, (8/9/2021).

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH dalam sambutannya, Pemerintah Kota Padangsidimpuan mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada kemeterian pendidikan, riset dan teknologi yang sudah menetapkan kota Padangsidimpuan menjadi sasaran atau lokus dari Program Sekolah Penggerak Angkatan ke II di kota Padangsidimpuan untuk tahun 2022-2023 yang perencanaanya di mulai pada tahun ini.

Program sekolah pengerak ini salah satu program baru di Kementrian Pendidikan yang akan menjadi bahagian dari upaya dan ikhtiar kita untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia.

“Tentu Pendidikan saya kira sudah menjadi kesepakatan kita bersama adalah satu dari sektor pembangunan yang sangat penting, karena dengan pendidikanlah sesungguhnya, pendidikan itu akan berbanding lurus dengan kualitas kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.

Karenanya komitmen pemerintah kota Padangsidimpuan terhadap program ini sangat siap untuk bersinergi, berkolaborasi, agar sekolah pengerak ini bisa sukses di kota Padangsidimpuan.

Beliau juga menyampaikan, Pemko Padangsidimpuan akan terus berupaya dan berikhtiar di tengah suasana pandemi ini bagaimana Agar anak-anak belajar secara daring tidak tinggal pendidikannya.

“Alhamdulillah kemarin tanggal 6 September 2021 di Padangsidimpuan sudah  kita mulai pembelajaran tatap muka, sesuai dengan SKB 4 Menteri dan Instruksi Gubernur Sumatera Utara yang sudah kita terjemahkan dalam  Surat Edaran Pemerintah Kota Padangsidimpuan,” ucap Walikota.

Kadis Pendidikan Kota Padangsidimpuan, M. Luthfi  Siregar melaporkan, program sekolah pengerak angkatan ke-II ini adalah program mutu pendidikan visi misi pendidikan di Indonesia dalam mewujudkan pendidikan Indonesia maju yang berdaulat Mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Padangsidimpuan yang telah memberikan dukungan terhadap program sekolah pengerak angkatan ke II kota Padangsidimpuan,” ucap Lutfi.

Perwakilan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Drs.Syahdian,M.Si menyampaikan terima kasih kepada kota Padangsidimpuan yang sudah menyambut dengan baik.

“Pada tahun 2021 ada 2 angkatan program sekolah pengerak yaitu sekolah pengerak I dan Sekolah Pengerak II, di sekolah pengerak I ini sudah berjalan T.A. 2021-2022 di antaranya Kota Medan, Kab.Deliserdang, Kab.Serdang Bedagai, Kab.Karo,Kab.Asahan, Kab.Mandailing,dan Kab.Batubara, sasaranya 186 sekolah,” paparnya.

Syahdian menambahkan untuk tahun 2021 atau 2022 tapi prosesnya implementasi program sekolah pengerak ini di tahun 2022, sudah di tetapkan salah satunya Kota Padangsidimpuan bersama dengan kota Sibolga,Kab. Tapuli Tengah, Kab.Padanglawasutara, Kab.Tapunuli Selatan,Kab.Dairi,Kota Binjai, Kab.Nias Selatan,Kab.Nias Utara dan Kab.Labuhan Batu Selatan, diantar nama-nama Kab/kota yang di atas tersebut yang termasuk Sekolah Pengerak Ke II, tambahnya.

Turut hadir, Wali Kota, Wakil Walikota,Sekdako Padangsidimpuan, Perwakilan LPMP Sumut, Pimpinan OPD, Ketua Dewan Pendidikan, dan jajaran Dinas Pendidikan Kota Padangsidimpuan.

(Saad Siregar)