ROKAN HILIR | ARUSMALAKA.COM

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau dalam rangka peningkatan produktivitas relevansi tridharma perguruan tinggi.

Penandatangan itu dilakukan langsung oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Rektor UIN Suska Riau Prof Dr Hairunnas Rajab MAg, Jumat (22/10/2021) sore di Bagansiapiapi.

Hairunnas Rajab mengatakan, MoU ini sebagai salah satu langkah UIN Suska Riau selaku perguruan tinggi untuk membangun pembinaan akademik bagi masyarakat Riau untuk meningkatkan kualitas anak bangsa yang harus diwujudkan secara nyata.

Salah satunya lanjut Hairunnas, dalam MoU itu Pemkab Rohil bersedia membangun Rusunawa dan UIN Suska yang akan melakukan pembinaan terhadap mahasiswa melalui pembinaan akademik, peningkatan bahasa Inggris dan Arab yang teruji secara regulatif.

Selain itu, Rektor UIN Suska juga berharap Pemda Rohil dapat memberikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa Rohil yang berprestasi.

Sementara itu Bupati Rohil, Afrizal Sintong mengatakan, dengan adanya MoU ini maka kedepannya Pemda Rohil akan berupaya membantu anak-anak Rohil yang berprestasi akan diberikan bantuan beasiswa bagi yang melanjutkan pendidikannya di UIN Suska Riau.

“Ada juga anak kita yang kurang mampu ingin selesaikan kuliahnya juga akan kita bantu kuliahnya sampai selesai akan kita anggarkan dan akan kita hitung nanti anggaran nya sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” ujar Afrizal.

Bupati Rohil berharap kerjasama ini kedepannya bisa berjalan dengan baik sesuai yang telah direncanakan dan berharap anak-anak Rohil yang dapat bantuan beasiswa Pemda Rohil dapat menyelesaikan kuliahnya dengan tepat waktu dan mendapat nilai yang baik juga.

(Honis Antoni)