ROKAN HILIR | ARUSMALAKA.COM

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Bupati, Afrizal Sintong  kembali melakukan mediasi kepada sejumlah masyarakat dikecamatan Bangko pusako, Kabupaten Rokan hilir, Acara tersebut Diselenggarakan di Aula kantor camat kecamatan Bangko Pusako pada, Senin (02/8/2021).

Mediasi tersebut bertujuan guna untuk penanaman Pipa minyak Proyek Rokan yang ada diwilayah kecamatan Bangko Pusako, kabupaten Rokan hilir. Acara tersebut selain dihadiri Bupati Rohil, Afrizal Sintong turut juga dihadiri  Kapolres Rohil, kadis BPN Rohil, pihak PT. Pertamina serta Camat Bangko Pusako, dan masyarakat yang terkena penanaman Proyek Pipa minyak Blok Rokan.

Dari hasil mediasi yang dilakukan pemerintah kabupaten Rokan Hilir melalui Bupati Afrizal Sintong menjelaskan bagi Haknya masyarakat yang terkena Penggalian pipa minyak blok Rokan, baik bangunan, tanam tanaman dan lainya.

“Jika terdapat pekarangan masyarakat di atas tanah milik PT. Pertamina Indonesia yang dahulunya Chevron fasivic Indonesia (CPI) Hendaknya sebelum dilakukan penanaman (pembongkaran) bangunan atau tanaman agar masyarakat membawa surat (kepemilikan) tanah yang sah dan melaporkan kepemerintahan kabupaten Rokan hilir, agar bisa diganti Rugi sesuai haknya,” pungkas Bupati.

Jika tidak memiliki bukti kepemilikan tanah atau surat tanah, pemerintah kabupaten Rokan hilir akan berdiskusi sesuai dengan aturan yang ditentuka.

“Dan diharapkan kepada masyarakat agar ikut serta sama sama mendukung proyek pipa minyak blok Rokan karena proyek tersebut milik negara Indonesia dan tentunya keberadaan PT.Pertamian Indonesia memberi dampak besar hadirnya di Rokan hilir,” harap Bupati.

(M. Harahap)