DELI SERDANG | ARUSMALAKA.COM

Panitia Khusus (Pansus) Ketenagakerjaan DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melalukan kunjungan kerja (kunker) ke lokasi tempat tinggal atau rumah yang juga sekaligus sebagai tempat menjalankan pekerjaan para Pekerja Rumahan (PR) di Desa Dagang Klambir, Tanjung Morawa, Deli Serdang, Kamis (8/8/2019).

Rombongan Pansus dipimpin ketuanya Safaruddin Siregar beserta anggota Pansus lainnya yang terdiri dari Samsul Bahri Batubara, Firman Sitorus, Ahmadan Harahap dan Solomo TR Pardede.

Kehadiran mereka turut didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid) Unit Pelayanan Terpadu, Pengawasan Tenaga Kerja (UPT Wasnaker) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Sumut, Himsar Rumapea dan Kabid Pembinaan Hubungan Industrial (PHI), Disnaker Deli Serdang, Ganda Aritonang,

Pendamping advokasi pekerja rumahan dari BITRA Indonesia, Hawari Hasibuan, mengungkapkan bahwa agenda Pansus kunjungan kerja ke lapangan ini dalam rangka menginternalisasi dan pendalaman pemahaman tentang persoalan yang dihadapi oleh para pekerja rumahan.

Hal ini merupakan bagian dari salah satu agenda kerja Pansus dalam rangkaian kerja-kerja Pansus untuk mewujudkan Peraturan Daerah (Perda) Ketenagakerjaan yang di dalam Ranperdanya terdapat pengaturan mengenai perlindungan pekerja rumahan.

Pansus sempat berdialog dengan Nuryeni, salah seorang pekerja rumahan. Dari dialog itu ditemukan fakta berupa upah para perempuan pekerja rumahan ini hanya Rp 8 ribu untuk mengerjakan atau membungkus 1 karung (goni) pipet dengan menghabiskan waktu 2 hari untuk menyelesaikannya.

Selain itu, Pansus juga bertandang ke rumah Suryani, sebagai penganyam kawat panggangan ikan. Lagi-lagi, Pansus menemukan bahwa 1 kodi panggangan ikan yang diselesaikan dalam waktu 1 hari, para perempuan pekerja rumahan hanya dibayar Rp 10 ribu.

Hawari berharap, dari temuan lapangan yang merupakan fakta miris tersebut akan semakin memperkuat semangat Pansus untuk mempercepatan pengesahan Ranperda Ketenagakerjaan sebelum habisnya masa jabatan anggota DPRD Sumut pada September 2019.

Sementara itu informasi yang diperolah arusmalaka.com, bahwa sore hari sekembalinya tim Pansus dari kunker, langsung menggelar rapat kerja di kantor DPRD Sumut dengan agenda mendengarkan pendapat fraksi atas tanggapan Gubernur terkait Ranperda Ketenagakerjaan. (A-01).