DELI SERDANG | ARUSMALAKA.COM

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kecamatan Pantai Labu menyiapkan Masjid Jamik Dusun II Desa Kubah Sentang sebagai model penerapan new normal yang akan direkomendasikan sebagai “Masjid Aman Covid-19”.

Hal itu dikatakan Ketua GTPP Covd-19 Pantai Labu Junaidi SE MSi saat berkunjung ke masjid tersebut bersama tim relawan dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Deli Serdang, Jumat (26/6/2020).

Rencana pemberlakuan new normal di Sumatera Utara (Sumut) yang serentak di kabupaten/kota termasuk Deli Serdang  awal Juli 2020 membutuhkan model yang akan dijadikan sebagai contoh yang edukatif bagi masjid-masjid lainnya di kawasan pesisir Pantai Labu.

Dari pantauan tim kata Junaidi, Masjid Jamik Kubah Sentang dinilai sudah mendekati pemenuhan persyaratan sebagai masjid aman Covid-19 dan menjadi model penerapan new normal meski ada sejumlah poin yang harus disempurnakan.

“Tadi sudah kita lihat, sudah mendekati persyaratan. Ada fasilitas cuci tangan pakai sabun, karpet masjid juga sudah digulung, social distancing-nya juga sudah mulai diterapkan. Hanya tinggal sedikit lagi yang harus disempurnakan,” terangnya.

Untuk bisa dijadikan sebagai model penerapan new normal, pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Jamik Kubah Sentang sebelumnya mengajukan permohonan kepada pihak GTPP Covid-19 Pantai Labu untuk dikeluarkan sertifikat Masjid Aman Covid-19.

Selain itu sejumlah persyaratan lainnya juga harus dipenuhi, seperti menyiapkan petugas untuk mengidentifikasi suhu badan jamaah yang akan melaksanakan shalat berjamaah menggunakan alat pengukur suhu (thermogun) dan mengedukasi jamaah untuk memakai masker.

“Ini beberapa poin yang harus dipenuhi dan ke depan Masjid Jamik akan menjadi percontohan edukasi bagi masjid lainnya yang ada di kawasan pesisisr Pantailabu,” ujar Junaidi.

Sementara Ketua BKM Jamik Kubah Sentang Amirul Khair didampingi Sekretaris M Syamsul, Penasehat H Buchri dan sejumlah pengurus lainnya menyatakan kesiapan untuk menjadikan masjid ini sebagai model penerapan new normal.

“Insya Allah kami siap untuk melaksanakan kepercayaan ini. Masjid Jamik juga kami proyeksikan bisa menjadi pusat pemberdayaan umat baik dalam tatanan ibadah, aktivitas sosial, pendidikan dan lainnya,” jelas Amirul.

Dalam kesempatan itu tim dari FKUB Deli Serdang menyerahkan puluhan masker kepada BKM Jamik Kubah Sentang untuk dibagikan kepada jamaah agar digunakan saat beraktivitas terutama saat menjalankan ibadah dalam masjid.

(Idris Lubis)