TAPANULI SELATAN | ARUSMALAKA.COM

Desa Haunatas, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan sukses warganya sudah divaksin Covid-19 mencapai target 100 persen. warga setempat telah disuntik vaksin dosis pertama dan kedua.  Warga di Desa Haunatas usia 12 tahun ke atas kini telah memperoleh vaksinasi. Diharapkan, kondisi kesehatan masyarakat di desa tersebut lebih terjaga dari serangan Covid-19. Selain itu, kekebalan komunal juga tercapai.

“Vaksinasi dilaksanakan di desa di Puskesmas. Selain itu juga door to door dengan mendatangi rumah warga yang menjadi target sasaran,” kata Kepala Desa Haunatas, Latulanda Hadameon Pasaribu, usai menerima penghargaan dari Polres Tapsel kepada awak media, Kamis (9/12/2021).

Dikatakan Latulanda, pelaksanaan vaksinasi mendapat dukungan penuh dari Pemkab Tapsel, Polres Tapsel dan Kodim 0212/TS dan unsur terkait lainnya, Sehingga sinergitas yang dilakukan membuat percepatan vaksinasi bisa terlaksana.

Kades Haunatas ini yang akrap disapa Latul, berharap kepada seluruh warga dan masyrakat Tapsel tidak usah takut untuk di vaksin.

“Kami para Kepala Desa, Camat dan seluruh porkopincam juga dinas kesehatan dan team vaksinator  akan selalu ada untuk memantau masyarakat yang divaksin jika ditemukan ada gelaja lain akibat vaksin ini,” ucapnya.

Kemudian ketika disinggung kiat yang dibuat agar warga mau divaksin, katanya diarahakan di informasikan dan diajak dengan pemahaman apa sebernarnya vaksin ini dah apa tujuan vaksin ini bagi kesehatan kita. agar masyrakat tidak merasa takut dan gundah kemudian hari setelah di vaksin.

“Meski target vaksinasi telah mencapai 100 persen, namun warga diminta tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes),” harap Latulanda.

(Saad Siregar)