Oleh : Abdul Firman, S.Pd., M.Si

Sabtu, (10/8/2019) pagi WIB, saya mengajak dua boru saya (Syafirna Keisha Lituhayu dan Noumira Anastasia) ziarah ke makam H. Abdul Karim (gelar Datuk Bandar Kajum), pendiri Kota Tebing Tinggi, di Jl. Datuk Bandar Kajum, Kel. Tebing Tinggi Lama, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara.

Tempat ini adalah salah satu destinasi wisata sejarah di “Kota Lemang”. Lokasinya sangat indah, berada di atas perbukitan kecil yang rindang dekat perjumpaan Sungai Padang dan Sungai Bahilang, dua alur sungai yang membelah kota Tebing Tinggi.

Komplek makam Datuk Bandar Kajum

Sesampai di komplek pemakaman itu, saya disambut oleh pak Zainal Abidin (52), penjaga komplek pemakaman yang juga masih kerabat dekat Datuk Bandar Kajum.

Beliau banyak bercerita tentang Datuk Bandar Kajum dan sejarah berdirinya Kota Tebing Tinggi. Banyak informasi penting yang saya dapatkan dari percakapan kami.

Di sisi barat komplek pemakaman, terdapat komplek perumahan dan pertokoan “Bengawan Indah”. Menurut pak Zainal, tempat itu dulunya merupakan kawasan pelabuhan perdagangan. “Dulu sungainya lebar dan dalam, orang-orang mau berangkat ke tanah suci Mekkah juga dari sini pada masa itu,” kata pria yang berumah di Kp. Lalang, Kec. Rambutan, Kota Tebing Tinggi itu.

Sementara di sisi selatan terdapat lapangan kecil dengan rerumputan yang hijau dan tertata, tempat dilaksanakannya upacara dan ziarah oleh Pemko Tebing Tinggi dalam rangka memperingati hari jadi Kota Tebing Tinggi yang jatuh pada tanggal 1 Juli setiap tahunnya.

Ziara makam Datuk Bandar Kajum

Kami datang hanya bertiga. Emaknya tak ikut, sebab sekolah tempatnya bertugas belum libur. Awak pun heran, koq bisa lain-lain libur sekolah zaman sekarang.

Selain mengisi libur sekolah menyambut Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 H, saya membawa kedua putri saya kesitu agar mereka tau sejarah berdirinya kota tempat mereka tinggal dan berdiam.

Tebing Tinggi si kota lemang
Padang Hulu ke Padang Hilir
Tempat jatuh lagi ku kenang
Konon pulak tempatku lahir

***