MANDAILING NATAL | ARUSMALAKA.COM

Parahnya jaringan internet khususnya 4G Telkomsel di Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dikeluhkan mahasiswa UIN Walisongo Semarang, Muhammad Lufti Mtd anak Fakultas syariah dan Hukum yang saat ini sudah berada di semester IV.

“Semenjak negara Indonesia terpapar Covid 19 dari tahun 2020 silam sampai saat ini sistem belajar masih tetap sistem daring dan kendala yang paling fatal dihadapi para pelajar baik mulai dari tingkat SD, SMP, SLTA begitu juga di tingkat mahasiswa adalah mengenai jaringan terutama kami yang tinggal di daerah,” ungkap mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum Semester IV itu kepada awak media Sabtu (1/5/2021) di Kelurahan Simpang Gambir Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Madina.

“Dalam hal ini saya sangat berharap kepada pihak pengurus jaringan 4G yang ditugaskan di daerah Lingga Bayu agar dalam waktu dekat secepatnya memperbaiki jaringan 4G Telkomsel tersebut karena di daerah Kecamatan Lingga Bayu pengguna jaringan saat ini sangat dirugikan dengan parahnya kondisi jaringan 4G di daerah ini,” imbuhnya.

Disisi lain Ketua Karang Taruna Kecamatan Lingga Bayu, Sakti Mandraguna Lubis SP juga membenarkan hal ini. Menurut dia, keadaan ini sudah berlangsung berbulan-bulan dan hal ini sudah banyak dikeluhkan masyarakat pengguna jaringan 4G di daerah Kecamatan Lingga Bayu.

Namun katanya, sampai saat ini belum ada juga perubahan dan hal ini sangat merugikan masyarakat pengguna jaringan 4G terutama bagi para pelajar dan perkantoran di lingkungan kecamatan dan yang lainnya.

Dikatakannya, selain Kecamatan Lingga Bayu, permasalahan serupa juga terjadi di Kecamatan Batang Natal dan Ranto Baek. Apalagi tambahnya, saat PLN mati jaringan pun langsung hilang, sementara jaringan internet yang ada satu-satunya hanya Telkomsel.

(M. Sudirmin Nasution)