MANDAILING NATAL | ARUSMALAKA.COM

Usai melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) Piliada Kabupaten Mandailing Natal (Madina), KPU Kabupaten Madina mengumumkan pemenang Pilkada sekaligus Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) terpilih melalui rapat pleno terbuka yang dilaksanakan di aula Kantor KPU setempat, Senin (3/5/2021).

Pasangan calon (paslon) yang ditetapkan sebagai Bupati dan Wabup Madina adalah paslon nomor urut 01, HM Ja’far Sukhairi Nasution dan Atika Azmi Utammi (SUKA).

Ketua KPU Kabupaten Madina, Fadillah Syarif SH mengatakan, pihaknya akan menyerahkan SK dan dokumen penetapan paslon Bupati dan Wabup Madina kepada DPRD setempat yang selanjutnya akan disampaikan kepada Mendagri melalui Gubernur Sumatera Utara (Sumut), H Edy Rahmayadi.

Terkait gugatan paslon Dahlan-Aswin ke MK pasca PSU, Fadillah mengatakan, bahwa itu merupakan kewenangan MK. Pihaknya hanya melaksanakan tahapan Pilkada sesuai jadwal yang telah diatur.

“KPU (Madina) sebagai penyelenggara (Pilkada) prinsipnya akan tunduk dan patuh apapun keputusan yang dikeluarkan MK,” ucapnya.

Sebelumnya, PSU Pilkada Madina dilaksanakan pada 24 April 2021 di 3 TPS, yakni di Desa Bondar Panjang Tuo Kecamatan Muara Sipongi (1 TPS), dan di Desa Kampung Baru Kecamatan Panyabungan Utara (2 TPS).

PSU di 3 TPS tersebut dilaksanakan sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pasca gugatan paslon petahana, Dahlan-Aswin.

Adapun perolehan suara masing-masing paslon yang ditetapkan KPU Kabupaten Madina paska PSU adalah, paslon HM Ja’far Sukhairi Nasution-Atika Azmi Utammi memperoleh 79.156 suara, paslon Dahlan-Aswin memperoleh 79.002, dan paslon Sofwat-Zubeir memperoleh 44.949 suara.

(M. Sudirmin Nasution)