LABUHANBATU | ARUSMALAKA.COM

Ketua Dewan Pengurus Daerah Pemuda Tani Indonesia (DPD PTI) Sumatera Utara (Sumut), Muhammad Fadly Abdina SP MSi, didampingi Muhammadsyah SAg selaku sekretaris, berkunjung ke Rantauprapat dalam rangka konsolidasi pengurus dan penguatan program kerja bersama Dewan Pengurus Cabang (DPC) PTI Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (12/10/2021). 

Kegiatan konsolidasi pengurus dan penguatan program kerja yang berlangsung di Wisma Almira Syariah, Jalan Jenderal Gatot Subroto Rantauprapat tersebut, juga dihadiri sejumlah tenaga pendamping desa dan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Labuhanbatu Raya, Khairil Hanif Nasution. 

Dalam kesempatan itu, pelaksana tugas (Plt) Ketua DPC PTI Kabupaten Labuhanbatu, Arwinsyah Ginting, didampingi Muhammad Dhani Aswin selaku sekretaris dan Dhedi Irwansyah (bendahara), menyampaikan kepada Ketua DPD PTI Sumut, Muhammad Fadly Abdina, tentang rencana program pengembangan potensi budidaya tanaman jagung dengan memberdayakan petani, yang dilakukan menggunakan pola mandiri, kemitraan dan sinergi. 

“Kita mengetahui bahwa jagung merupakan komoditas yang memiliki fungsi multiguna, baik untuk dikonsumsi langsung, sebagai bahan baku utama industri pakan, industri pangan dan bahkan sudah dijadikan sebagai bahan baku bioenergi di beberapa negara,” kata Arwinsyah Ginting. 

Pada tahun 2016 lalu, lanjutnya, kebutuhan jagung untuk industri pakan ditambah untuk peternak mandiri mencapai 70% dari total penggunaan, dan pada tahun 2045 mendatang kebutuhan jagung untuk bahan baku pakan industri maupun peternak mandiri diproyeksikan mencapai 33,8 juta ton atau 74% dari total penggunaan jagung. 

“Melihat kebutuhan jagung yang diproyeksikan akan terus meningkat, tentunya merupakan sebuah peluang emas bagi petani di daerah ini untuk menanam jagung, utamanya jagung hibrida,” ujar Ketua DPC PTI Labuhanbatu itu. 

Menanggapi hal yang disampaikan Arwinsyah, Ketua DPD PTI Sumut menekankan agar seluruh pengurus DPC PTI Labuhanbatu tetap solid dalam berperan membantu upaya meningkatkan kesejahteraan petani.

“Visi PTI sebagai organisasi kepemudaan dan masyarakat adalah memberikan kontribusi penyuluhan, pendidikan, pelatihan, bisnis, serta advokasi sektor pertanian. Oleh karenanya, pengurus dapat ambil bagian dalam kegiatan/program yang bermanfaat bagi petani,” kata Fadly Abdina.

“Saat ini kita telah memiliki program sinergitas integrasi dari hulu hingga hilir untuk memfasilitasi para petani, mulai dari akses pembiayaan, akses input produksi, pendampingan, jaminan resiko hingga pasar. Harapannya, pengurus DPC PTI Labuhanbatu dapat bergerak bersama menjalankan program yang telah direncanakan untuk mendukung kesejahteraan petani,” ujarnya mengakhiri. 

(Dhedi Bas)