LABUHANBATU | ARUSMALAKA.COM

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah sistem pendatan skala nasional yang merupakan sumber data utama pendidikan nasional, keberadaan sistem Dapodik ini mampu menutup celah terjadinya penyelewangan atau permain jumlah peserta didik untuk memperoleh Dana Bantuan Opersional Sekolah (BOS). Kamis (14/11/2019).

Sebagai data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan terus up to date, data Dapodik dapat di akses oleh siapa saja dan menjadi rujukan dalam pencairan dana bos serta berbagai bantuan lain yang bersumber dari dana APBN.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah (Kasek) SMP Negeri 1 Bilah Hulu Slameto yang juga Ketua Pengurus Kabupaten PGRI Labuhanbatu kepada sejumlah wartawan di Rantauprapat.

Lebih lanjut kata Slameto, sebagai contoh SMP Negeri 1 Bilah Hulu, untuk tahun anggaran 2019 jumlah siswa terdaftar sebanyak 996 orang dan SMP Terbuka 1 Bilah Hulu sebanyak 77 orang jumlah 1073 orang.

Namun realisasi dana bos yang diterima hanya sebanyak 1046 orang dengan rincian, SMP Negeri 1 B Hulu 993 orang dan SMP Terbuka 1 B. Hulu sebanyak 53 orang.

Khusus SMP N 1 Bilah Hulu pada bulan Juli, saat menamatkan siswa kelas IX dan menerima peserta didik baru kelas VII terjadi perubahan jumlah siswa menjadi 948 orang, jumlah ini akan terus berubah tergantung siswa mutasi masuk dan siswa mutasi keluar.

Di bulan Agustus kembali terjadi perubahan jumlah dari sebelum nya 948, menjadi 950.Karena ada peserta didik mutasi masuk, dan berikut nya terjadi lagi adanya peserta didik mutasi keluar sehingga jumlah kembali berubah menjadi 949 orang.

Perubahan jumlah mutasi masuk dan keluar ini terus dilaporkan secara periodik per perubahan kedata Dapodik yang dilakukan secara online.

Atas perubahan yang terjadi, kelebihan dan kekurangan penyaluran dana bos secara otomotis akan dilakukan langsung oleh sistem pada pencairan triwulan ke IV.

“Sesuai dengan penjelasan diatas, saya meluruskan dugaan yang dituduhkan pada kami telah melakukan penyelewangan dana BOS adalah tidak benar”, tegas Slameto.

Kedepan kami berharap dukungan dan kriktik yang bersifat membangun dari semua pihak khususnya warga sekolah yang tujuannya untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas dan mutu pendidikan di sekolah khususnya SMP Negeri 1 Bilah Hulu. (JM).