SERDANG BEDAGAI | ARUSMALAKA.COM

Karimuddin, S.Pd menjabat sebagai Pj Kepala Desa Lubuk Cemara Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) setelah diadakannya serah terima jabatan (sertijab) dari Pelaksana Tugas (Plt) Jamhuri yang diadakan di aula Kantor Desa Lubuk Cemara, Jum’at (3/7/2020).

Karimuddin mengantikan Alm Nanang Wahyudi, S.Pd Kades Lubuk Cemara yang meninggal dunia pada tanggal 7 Mei 2020 lalu berdasarkan SK Bupati Sergai Nomor : 320/18.18/Tahun 2020 Tanggal 16 Juni tahun 2020 tentang Pemberhentian Kepala Desa dan Pengangkatan Penjabat Kepala Desa Lubuk Cemara Kecamataan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai.

Sehari sebelumnya, Kamis (2/7/2020)  Bupati Sergai Ir. H Soekiman telah melantik Karimuddin, S.Pd menjadi Pj. Kades Lubuk Cemara yang dilaksanakan di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.

Pelantikan itu dihadiri oleh para Asisten, Staf Ahli, Kadis PMD H. Ikhsan, AP, M.AP, Camat Perbaungan Drs Benny Saragih MM, Muspika Perbaungan serta para perangkat desa dan undangan lainnya.

Pada sambutannya Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan atas nama Pemkab Sergai menyampaikan ucapan selamat kepada Sdr. Karimuddin, S.Pd yang resmi menjadi Penjabat Kepala Desa Lubuk Cemara Kecamatan Perbaungan. 

“Saya berharap agar saudara selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya dan menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati dan ikhlas dalam memimpin dan melayani masyarakat,” ujar Soekirman.

Bupati Sergai juga menegaskan bahwa  kinerja Pj. Kades akan senantiasa diawasi oleh pemerintah, atasan dan para stakeholder yang ada di desa. Dikatakannya, kelalaian dan kesalahan akan dikenai sanksi mulai dari teguran sampai dengan pemberhentian.

“Perlu diingat bahwa Kades adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Oleh karenanya Kades dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih sehingga mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat. Tugas yang cukup berat diemban oleh Kades mestinya dibantu oleh segenap komponen masyarakat untuk bersama-sama menyelenggarakan otonomi desa dalam usaha mencapai kesejahteraan masyarakat,” jelas Bupati.

Untuk itu, sebut Bupati, saya mengajak kita sekalian untuk dapat mendukung dan membantu Pj Kades tersebut dalam melaksanakan tugasnya serta bersama-sama menggali potensi yang ada untuk membangun desa menjadi lebih baik dan maju kedepannya.

“Saya berharap agar saudara dapat terus belajar dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan maupun kabupaten tentang pelaksanaan tugas-tugas Kades. Pelajari peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang tugas-tugas kepala desa, sehingga dalam melaksanakannya tetap berada dalam koridor yang tepat,” imbuhnya.

(Dipa Syahbuana)