SERDANG BEDAGAI | ARUSMALAKA.COM

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengadakan Try Out yang dihadiri oleh 300 pesilat untuk persiapan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Sergai I yang akan dilaksanakan September 2021 mendatang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Padepokan Pencak Silat Indonesia Pantai Silat Bertuah Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Sergai, Minggu (17/1/2021).

Sesepuh Perguruan Silat Garuda Sakti, Drs Khairul Qomar menyatakan komitmennya untuk mengembangkan olahraga pencak silat di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Dia mengatakan, bahwa salah satu tujuan dilaksanakannya Try Out ini adalah untuk melihat kemampuan para atlit sebelum tampil pada ajang Porkab Sergai.

Khairul Qomar juga meminta kepada seluruh atlit untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan menjaga tata tertib pertandingan selama kegiatan Try Out dilaksanakan.

Sementara itu Ketua KONI Sergai Aspul A Lebih yang hadir pada kegiatan itu berharap IPSI Sergai bisa menyumbangkan atlitnya pada gelaran PON tahun 2024 yang akan datang.

“Mudah-mudahan IPSI Sergai bisa menyumbangkan para atlitnya pada Pekan Olahraga Nasional pada tahun 2024 nanti,” katanya.

Disela acara, Ketua IPSI Sergai, Irwan, SH kepada pada awak media mengungkapkan, bahwa Try Out ini adalah ajang silaturahmi para pesilat yang telah lama melakukan latihan untuk memotivasi, meningkatkan dan memperbaiki kemampuan mereka.

Irwan berharap seluruh atlit pencak silat Sergai untuk mencintai olah raga beladiri khas Indonesia ini sebagaimana para sesepuh dan pendekar yang ingin benar-benar pencak silat menjadi olah raga yang maju dan dikenal dunia.

Sebelumnya ketua pelaksana kegiatan, Siti Aminah Br Saragih menyampaikan, bahwa Try Out ini dihadiri 300 pesilat yang berasal dari 7 perguruan silat, diantaranya, Perguruan Silat Garuda Sakti, Perguruan Silat Pentas, Perguruan Silat Walet Putih, Perguruan Silat Kocima, Perguran Tapak Suci, Perguruan Silat Salam serta Perguruan Silat PSHT.

(Dipa Syahbuana)