Rantau Prapat, arusmalakanews.com

Genderang perang kontestasi Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2020 yang digelar secara serentak akan segera ditabuh. Ada 23 kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut) yang akan menyelenggarakan Pemilukada. Satu diantaranya adalah Klabupaten Labuhanbatu. Hingga saat ini, sudah ada beberapa nama yang berpotensi maju sebagai kandidat bupati maupun wakil bupati.

Selain petahana Andi Suhaimi Dalimunthe yang saat ini menjabat sebagai Plt. Bupati, nama-nama lain yang disebut-sebut berpeluang maju sebagai calon bupati masih didominasi nama-nama lawas seperti Tigor Panusunan Siregar, Suhari Pane, Erik Atrada Ritonga dan Zulkarnaen Siregar. Sedangkan nama baru yang muncul adalah H. Hasban Ritonga, SH, putra Labuhanbatu yang pernah menjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sumut.

Sementara itu untuk kandidat calon wakil bupati mulai terendus nama-nama tokoh yang sudah tidak asing lagi. Ada nama Arsyad Rangkuti, Dahlan Bukhari dan mantan Direktur Utama PT. Dirgasurya Sumatera Utara Agus Marwan.

Menurut Ketua DPD KNPI Kabupaten Labuhanbatu Hamzah Syakbani Nasution sudah mulai ada gerakan-gerakan dari beberapa bakal calon yang melakukan sosialisasi secara informal dari satu komunitas ke komunitas lainnya.

“Menurut saya pertarungan Pemilukada kali ini akan lebih seru. Selain sang petahana yang diprediksi akan maju kembali, ada sejumlah nama yang akan meramaikan pesta demokrasi rakyat Labuhanbatu ini”, katanya.

Sementara itu pengamat politik Labuhanbatu Ilham Maulana berpendapat bahwa dari beberapa nama yang disebut itu, dia memprediksi H. Hasban Ritonga, SH akan tampil sebagai kuda hitam dan patut diperhitungkan.

Menurutnya, selain memiliki pengalaman panjang di birokrasi pemerintahan, H. Hasban Ritonga, SH merupakan sosok yang bersih, tidak pernah tersandung masalah hukum, memiliki jaringan yang luas dan punya basis massa yang kuat.

Yang demikian itu tentunya cukup untuk menjadi modal dirinya tampil sebagai calon orang nomor satu di Labuhanbatu ini, kata Ilham.

“Potensi itu akan semakin sempurna jika Pak Hasban bisa menggandeng pasangan yang cocok dan pas”, tambah mantan Komisioner KPU Kabupaten Labuhanbatu itu.