TEBING TINGGI | ARUSMALAKA.COM

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dari PPP, Jafaruddin Harahap mengatakan, pihaknya mendukung upaya Pemerintah Provinsi Sumut dalam memberikan perlindungan kepada kaum perempuan dan anak-anak dari tindakan kekerasan.

Hal tersebut disampaikannya pada acara Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak dari Tindakan Kekerasan, Minggu (20/6/2021) siang WIB di Hotel Amanda, Tebing Tinggi.

Diungkapkannya, angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Sumut dewasa ini masih terbilang tinggi. Dirinya bahkan mengaku pernah ikut langsung menangani kasus kekerasan yang menimpa salah seorang asisten rumah tangga.

Menurut politikus PPP itu, beberapa hal harus dilakukan dalam upaya menekan angka kekerasan yang dialami kaum perempuan dan anak di Sumut. Selain melakukan sejumlah upaya sadar kepada masyarakat, pemerintah juga harus memberikan jaminan dalam bentuk aturan yang mengikat.

Pihaknya berharap Perda Sumut Nomor 3 Tahun 2019 ini bisa menjadi solusi serta jaminan bagi kaum perempuan dan anak agar bebas dari tindakan kekerasan dengan alasan apapun.

Jafar juga menegaskan, PPP akan komit mengawal implementasi Perda ini. Salah satu bentuk komitmen itu sambungnya, pihaknya akan menginstruksikan jajaran DPC PPP kabupaten/kota untuk membuka ruang pengaduan kasus-kasus kekerasan yang menimpa kaum perempuan dan anak-anak.

Sebelumnya, Ketua DPC PPP Kota Tebing Tinggi, Syahbuddin Abduh Hasibuan menyampaikan, bahwa partainya terus berkomitmen dalam memperjuangkan kepentingan-kepentingan masyarakat khususnya umat Islam.

Dia mengaku, sejumlah kebijakan di Pemko Tebing Tinggi terkait pemberian insentif kepada guru mengaji, bilal mayit dan penggali kubur merupakan perjuangan PPP bersama pihak-pihak lainnya untuk kemaslahatan masyarakat Tebing Tinggi.

Acara yang dipandu oleh Wakil Ketua DPC PPP Kota Tebing Tinggi, Asnawi Mangkualam itu dihadiri oleh Sekretaris DPC PPP Kota Tebing Tinggi, Agus Muslim Ray bersama sejumlah jajarannya, Sekretaris DPC PPP Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Abdul Firman Kursin, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para peserta Sosper.

(Sugito)